Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), terus meningkatkan kualitas pelaku usaha untuk terus berinovasi.

"Kami ingin pelaku usaha di Sulut makin inovatif, untuk itu pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM RI melakukan program 'Entrepreneur Hub' di Kota Bitung," kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Bitung, Rabu.

Dia mengatakan sebagai pelaku usaha harus percaya dengan kemampuan dan kapasitas yang dimiliki, untuk itu pemerintah Kota Bitung sering membuat pelatihan untuk meningkatkan kompetensi diri dan akses untuk masyarakat Kota Bitung.

"Program Entrepreneur Hub ini diharapkan dapat mendorong para pengusaha dan calon pengusaha dalam mengembangkan bisnis dan inovasi," jelasnya. 

Ia mengatakan program Entrepreneur Hub tersebut diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM dan juga Mahasiswa. 

Entrepreneur Hub merupakan program dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk meningkatkan rasio wirausaha hingga 3,95 persen. 

Melalui ajang Entrepreneur Hub diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem kewirausahaan di kalangan mahasiswa, serta diharapkan akan menjadi kekuatan pembangunan ekonomi sebagai agent of change.

Kementerian Koperasi dan UKM membidik entrepreneur dari kalangan perguruan tinggi yang memiliki kemampuan kompetisi agar dapat bersaing secara global. 

“Kita fokus entrepreneur dari kalangan perguruan tinggi, karena kita tahu, persaingan global ke depan harus mencetak para pengusaha yang punya kemampuan kompetisi," jelasnya.

Wali Kota juga mengatakan Kota Bitung nantinya akan kedatangan ratusan Warga Negara Asing di bulan September 2023.

"Kami berkeinginan menjadikan Bitung sebagai Top Pusat Hub Pariwisata dan itu menjadi tantangan buat kami pemerintah Kota Bitung," jelasnya.

Karena, katanya, dengan tantangan ini pihaknya yakin akan meraih sebuah keberhasilan untuk kemajuan pariwisata di Kota Bitung. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM yang di wakili oleh Kepala Bidang Peninkatan Peran Pemerintah Kementerian Koperasi dan UMK Ginda P Siregar bersama Jajaran; Ketua Stie Petra Bitung yang di wakili oleh Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan, Basmi Said; Staf Khusus Wali Kota Bidang UMKM, Angga Londong; Kepala Dinas Koperasi UKM, Efreinhard Lomboan, Kepala Dinas Perdagangan, Johnli E Tamaka.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024