Sitaro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan Sertifikat Elektronik.

"Penerapan sertifikat elektronik adalah salah satu solusi cerdas yang membantu kita meningkatkan kualitas layanan publik, transparan dan efisiensi di tingkat pemerintah daerah," kata Asisten II, Agus T Poputra mewakili bupati membacakan sambutan.

Dengan sertifikat elektronik menurut dia, berbagai proses administrasi dan transaksi dapat dilakukan secara elektronik dan mengurangi keterlambatan dan birokrasi yang berlebihan.

"Saat ini kita berkumpul dalam sebuah kesempatan yang sangat berharga untuk sama-sama membahas dan memahami penerapan sertifikat elektronik yang merupakan salah satu upaya penting dalam menerapkan teknologi informasi yang canggih dan inovatif di lingkungan pemerintahan dan sektor publik pada umumnya," tukas dia.

Untuk itu, lebih lanjut dia, bimtek ini merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan dan memperkuat kapabilitas ASN dalam menerapkan sertifikat elektronik secara optimal. Para peserta adalah pegawai pemerintah daerah dari berbagai instansi memiliki peran penting dalam keberhasilan implementasi sertifikat elektronik di daerah ini.

"Saya berharap agar peserta dapat memanfaatkan kesempatan berharga saat ini untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan pemahaman tentang penerapan sertifikat elektronik. Jadikan kegiatan ini sebagai wadah yang bermanfaat untuk memperdalam pemahaman kita tentang teknologi," harapnya.

Pimpinan daerah dalam hal ini bupati menyampaikan terimakasih kepada Badan Siber dan Sandi Negara yang telah membantu Pemkab Kepulauan Sitaro dalam menerapkan tandatangan sertifikat elektronik.

"Bahkan telah berkenan hadir menjadi narasumber dalam kegiatan saat ini," kutip dia.

Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Pemkab Sitaro ini dihadiri narasumber dari Balai Sertifikat Elektronik, Kadis Kominfo Sitaro, Kepala OPD, Kabag, camat dan para peserta.(*)

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024