Manado (ANTARA) - Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara Sarbin Sehe mengatakan aparatur sipil negara (ASN) di Kota Bitung, Sulut, harus memiliki jiwa dan semangat leadership digital.

"Kita semua adalah pemimpin. Pada era digital ini harus memiliki leadership digital," kata Sarbin pada Rapat Kerja Kantor Kementerian Agama Kota Bitung bertema Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat di Bitung, Rabu.

Sarbin mengatakan bahwa ASN di jajaran Kementerian Agama Kota Bitung membangun komitmen bersama untuk perubahan ke arah yang lebih baik, terutama peningkatan kinerja ASN.

"Kita harus punya komitmen bersama yang kuat untuk berubah ke arah yang lebih baik dan itu harus dimulai dari diri sendiri," jelasnya.

Kementerian Agama, kata dia, merupakan organisasi pembelajaran sehingga harus terus memperbaiki kinerja sehingga pelayanan terhadap masyarakat maksimal dan total.

Kakanwil berharap sebisa mungkin Kemenag Kota Bitung melihat kembali rencana kerja. Hal ini agar program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat didahulukan dan dipercepat realisasinya.

"Buat jadwal dan tata ulang rencana kerja sehingga program-program prioritas yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat bisa didahulukan dan dipercepat," katanya.

Ia mengingatkan agar ke depan belanja pembangunan harus lebih besar dari biaya operasional karena APBN itu milik rakyat dan harus kembali kepada rakyat dalam bentuk program atau bantuan kepada masyarakat.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024