Sitaro (ANTARA) - Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) mengimbau khusus kepada para pemandu wisata yang beroperasi di sekitar Gunung Api Karangetang Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), ikut arahan pemerintah daerah.

“Saat ini Gunung Api Karangetang Siau  menunjukkan peningkatan aktivitas dalam beberapa waktu terakhir. Ada rekomendasi pihak PGA dan ini rekomendasi khusus yang harus diikuti oleh pemandu wisata yang beroperasi di sekitar gunung api tersebut,” kata Ketua HPI Sitaro, Dominik Derek.

Sehingga dia mengimbau agar para pemandu dapat mengikuti rekomendasi yang dikeluarkan PGA Karangetang Siau. Sebab menurutnya, kepatuhan terhadap rekomendasi PGA menjadi prioritas untuk keselamatan wisatawan.

“Imbauan ini diberikan dengan tujuan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan wisatawan serta anggota HPI yang berkunjung ke area tersebut,” kata Dominik.

Pihaknya sangat menghargai upaya PGA Karangetang Siau dalam memberikan rekomendasi yang jelas dan terkini kepada pemandu wisata. Keberhasilan operasi wisata di daerah ini sangat bergantung pada kepatuhan kita terhadap arahan yang diberikan oleh otoritas terkait.

“Untuk mengutamakan keselamatan dan kenyamanan wisatawan sebaiknya mengikuti arahan dan rekomendasi yang diberikan oleh PGA Karangetang Siau," jelasnya.

Bahkan menurut dia, selain rekomendasi PGA juga ada arahan pemerintah daerah, khususnya Pemkab Sitaro, perlu disikapi dan ditindaklanjuti. "Kita harus ikuti arahan pemerintah daerah," kuncinya.(*)

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024