Kotamobagu (ANTARA) - Irjen Kementerian Pertanian, Jan S Maringka saat kunjungan kerja ke Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara menyerahkan dua sapi kurban yang diterima Wali Kota Tatong Bara, Kamis.

"Hewan kurban ini sudah diteliti oleh teman-teman Karantina serta Dinas Peternakan di Kotamobagu," sebut Irjen Jan di Kotamobagu.

Setelah diteliti, kata dia, dapat dipastikan hewan kurban tersebut bebas penyakit.

"Mudah-mudahan bantuan hewan kurban ini bisa bermanfaat untuk warga Kota Kotamobagu," katanya berharap.

Sebelumnya, Irjen juga menyerahkan bantuan serupa kepada pengurus Masjid Darul Arqam, Kota Gorontalo dan Pondok Pesantren Modern Mathla’ul Huda II Gorontalo.

Menurut dia, bantuan hewan kurban tersebut sebagai wujud kampanye Inspektorat Jenderal Kementan agar menyembelih hewan kurban yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

“Kami menyerahkan hewan sapi ini untuk disembelih dan selanjutnya dibagikan kepada masyarakat sekitar. Hewan sapi yang kami serahkan telah memenuhi syarat kesehatan hewan karena telah diperiksa petugas kesehatan ternak Dinas Peternakan Provinsi Gorontalo. Jadi aman untuk dikonsumsi," katanya.

Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara mengapresiasi Irjen Kementan yang memberikan bantuan ini.

"Terima kasih untuk bantuan hewan kurban ini, momentumnya tepat karena esok akan merayakan Idul Adha, mudah-mudahan dapat dinikmati mereka yang membutuhkan," ujarnya.

Subkoordinator Pengawasan, Penindakan Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado, Drh. Setyawan Pramularsih, mengatakan, hewan kurban yang diserahkan Irjen Kementerian Pertanian layak.

"Kami sudah memeriksa kelayakannya berdasarkan syariat agama Islam semisal umur untuk hewan kurban sapi minimal dua tahun, itu sudah terpenuhi. Selain itu tidak bercacat dan sehat termasuk di antaranya bebas penyakit mulut dan kuku," katanya menjelaskan.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024