Manado (ANTARA) - Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Wahyono menerima  kedatangan purna tugas Satgas Pengamanan pulau pulau kecil terluar (Pamputer) Kodam XIII/Merdeka Tahun 2023, dalam suatu upacara di Manado, Minggu 

 Danrem  Wakhyono  menyampaikan selamat datang sekaligus terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap prajurit yang tergabung dalam Satgas atas pelaksanaan tugasnya dalam mengamankan pulau pulau kecil terluar di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

“Satuan Yonif Raider 715/Motuliato selama kurang lebih 1 tahun 3 bulan telah mengawal dan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tugas adalah suatu kehormatan bagi setiap prajurit, dan keberhasilan melaksanakan tugas adalah suatu kebanggaan,” kata Danrem yang juga Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops)
Satuan Tugas  Pamputer.

Wakhyono mengatakan tentunya dalam pelaksanaan tugas ini, banyak hal ditemui dapat dijadikan pengalaman yang sangat berharga dan pelajaran dapat diambil bagi prajurit sekalian.

“Untuk itu jadikan segala dinamika dan tantangan selama kalian melaksanakan tugas pengamanan terluar ini sebagai bekal untuk dijadikan motivasi dalam pelaksanaan tugas ke depan dalam mengangkat citra positif bagi TNI Angkatan Darat,” kata mantan Kazidam IX/Udayana tersebut.

Pada kesempatan itu, Danrem mengatakan kepada seluruh prajurit Satgas, bahwa selesai kegiatan ini, kalian akan melaksanakan pergeseran pasukan menuju 'home base' masing-masing. 

Oleh karena itu perhatikan faktor keamanan selama melaksanakan pergeseran pasukan, khususnya yang akan menuju satuan asal Yonif Raider 715/Motuliato di Gorontalo.

“Hari ini secara resmi saya selaku Dankolakops menyerahkan personel sejumlah 199 orang dalam keadaan aman dan lengkap ke satuan asal," katanya.

Dia menambahkan jumlah itu terdiri dari 184 orang personel Yonif Raider 715/Motuliato, lima  personel Hubdam XIII/Merdeka, lima personel Kesdam XIII/Merdeka dan lima  personel Bekangdam XIII/Merdeka. 

"Manfaatkanlah sebaik mungkin masa konsolidasi untuk mempersiapkan diri guna menyongsong tugas berikutnya yang telah menanti kalian,” kata Danrem.

Upacara dilaksanakan di Markas Korem 131/Santiago, dihadiri  para pejabat utama Korem 131/Santiago antara lain Kasiren Kolonel Inf Teguh Pamungkas, Kasiintel Kolonel Inf Sandy, Kasiops Kolonel Inf Wahyu Ramadhanus Suryawan, Kasipers Kasrem Kolonel Arm Sutikno, Kasiter Kasrem Kolonel Kav Danny Hermawan.

Kemudian, Danbrigif 22/Otamanasa Letkol Inf Effendi, Danyonif Raider 715/Motuliato Letkol Inf Dedi Akhiruddin serta  Ketua Persit KCK Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka Ning Untari Wakhyono.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024