Minahasa Utara, 25/11 (Antara Sulut) - Bupati Minahasa Utara Sompie Singal terus menggalakkan program sentuh tanah salah satunya melakukan penanaman padi yang dilakukan di Desa Batu Kecamatan Likupang Selatan, Senin (24/11).
     Bupati menjelaskan, penanaman padi tersebut dilaksanakan oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sinar Bahari Desa Batu bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Badan Ketahanan Minut. 
     "Saya berterima kasih kepada Gapoktan yang sudah membantu pemerintah dalam rangka mensukseskan gerakan sentuh tanah," ujar Singal. 
     Dengan menanam kata Singal, berarti kita menghidupkan banyak orang. Penanaman ini juga sebagai bentuk menunjang  swasembada beras di Kabupaten Minut.
     Penanaman padi tersebut terletak di ladang seluas 68 hektar (Ha), yang terletak di Kecamatan Likupang Selatan (Liksel) dan siap dikelolah oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara.
     Untuk sementara waktu, Gapoktan Desa Batu masih mengelolah lahan seluas 22 hektar. Sisa lahan dari 68 ha akan dilanjutkan pada Desember mendatang.
     Kadis Pertanian Perkebunan dan Peternakan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Wangke Karundeng mengatakan kegiatan tersebut sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat petani.
     "Selaku pemerintah akan terus membantu para petani yang ingin menggarap lahannya untuk peningkatan ekonomi kesejahteraan," kata Karundeng.

Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024