Manado, 21/11 (Antara) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, pada tahun 2013 korban kecelakaan lalu lintas meninggal dunia yang terjadi di Indonesia sekitar 26.486 orang.

"Dibandingkan tahun 2010 sekitar 31.324 orang, telah terjadi penurunan," kata Condro Kirono pada seminar "Polici & Jasa Raharja Go To Campus" di Universitas Klabat Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Jumat.

Dia mengatakan, kendati telah terjadi penurunan namun angka tersebut masih dinilai tinggi.

"Untuk itu kita semua proaktif dalam upaya menekan korba meniggal akibat lakalantas itu," katanya.

Dia berharap dengan langkah dilakukan tersebut terjadi penurunan angka korban meninggal di tahun 2014 menjadi sekitar 24 ribu.

Condro Kirono mengatakan, target penurunan itu bisa tercapai jika semua pihak terlibat dalam upaya keselamatan berlalu lintas.

"Dengan seminar ini, melalui kampus kita budayakan tertib berlalu lintas. Kampus akan menjadi pelopor dalam keselamatan berlalulintas," katanya.

Seminar tersebut juga menghadirkan pembicara Dirut Jasa Raharja Budi Setyarso dan pengamat transportasi James Timbuleng.

Pada kegiatan itu juga dilakukan pencanangan Desa Pelopor Keselamatan Berlalulintas dan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Keselamatan Berlalulintas dengan sejumlah perguruan tinggi dan media. @antarasulut.com

Pewarta : oleh Jorie M R Darodo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024