Minahasa Utara, 20/11 (Antara Sulut) - Bupati Minahasa Utara, Sompie Singal dalam peringatan Hari Jadi ke 11 kabupaten tersebut di Airmadidi, Kamis, mengajak semua komponen lebih giat dan bekerja keras membangun daerah.

"Refleksi ulang tahun daerah diharapkan dapat memacu semangat juang kita semua dalam membangun daerah ini," kata Bupati Sompie.

Pemerintah, kata Sompie telah berupaya memberikan yang terbaik, dan momentum ini dijadikan wahana yang tepat melakukan evaluasi.

"Ke depan mari kita mempertahankan sistem kerja keras dan kerja cerdas," kata Bupati Sompie.

Singal mengatakan, sebagai daerah otonom yang belum lama dimekarkan, Minut telah membuktikan diri sebagai daerah mandiri dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Peringatan HUT Kabupaten Minut dirangkaikan pula dengan penyerahan piagam penghargaan bagi sejumlah PNS berprestasi dan telah bekerja di atas 20 tahun.

Setelah itu dilanjutkan paripurna HUT Kabupaten yang di pimpin Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa Utara Berty Kapojos.

Dalam sambutannya, Kapojos memberi apresiasi terhadap Pemkab Minut terlebih dalam mencapai berbagai prestasi di tingkat nasional, seperti penghargaan Adipura lima tahun berturut-turut, dua kali dapat opini wajar dengan pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas pengelolaan keuangan daerah, Kabupaten Sehat tahun 2009 dan 2011, Satya Lencana Pembangunan Bidang Pertanian Tahun 2014, dan prestasi lainnya di bidang pendidikan.

Namun demikian masih catatan kecil diberikan Kapojos atas kepemimpinan Bupati Minut Sompie Singal dan Wakil Bupati Yulisa Baramuli yang biasa disapa SBY (Sompie Bersama Yulisa).

"Pelayanan publik masih ada keluhan warga, diantaranya pengurusan administrasi kependudukan yang lama dan masih ada pungutan, perda pendapatan dan retribusi juga harus dilaksanakan secara cepat, tepat dan profesional, serta pemerintah harus maksimal mewujudkan tata kelola keuangan yang akuntabel dan transparan untuk mencapai opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," kata Kapojos.

Disisi lain, Kapojos optimis Kabupaten Minut akan terus maju dengan rakyat yang sejahtera jika semua pihak bekerjasama mewujudkan visi dan misi daerah.

"Sebelas tahun kita arungi dengan perjuangan dan kerja keras. Masih banyak tugas yang harus kita bawa dengan kerja nyata mencapai visi misi Minut sebagai daerah tujuan wisata tahun 2015. Spirit mapalus harus terus membakar serta mari tanggalkan perbedaan dan kita bahu- membahu membangun daerah yang kita cintai," kata Kapojos.

Usai Paripurna DPRD Minahasa Utara, dilanjutkan resepsi sekaligus pemasangan kue HUT Minahasa Utara ke- 11 dirangkaikan pemberian hadiah bagi para pemenang lomba yang kegiatannya telah dilakukan menjelang hari jadi kabupaten.

Seluruh rangkaian HUT Kabupaten Minahasa Utara ke- 11 dihadiri jajaran pemerintah setempat, segenap angota DPRD, Kejaksaan Airmadidi, Pengadilan Negeri Airmadidi, serta jajaran Polres Minut.

Turut hadir pula Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Wakapolda Sulut, Danrem, Walikota Manado GS Vecky Lumentut, Walikota Bitung yang diwakili Asisten III, Wakil Bupati Minut Yulisa Baramuli, Sekda Minut Johannes Rumambi, pimpinan dan anggota Ikatan Pendiri Minahasa Utara, serta para mantan pejabat daerah setempat dan undangan.***1***

(T.KR-MLK/B/G004/G004) 20-11-2014 21:13:39

Pewarta : Oleh Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024