Minahasa Utara, 19/11 (Antara Sulut) - Ikatan Pendiri Minahasa Utara (IPMU) bersama pemerintah setempat menggelar kegiatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 11 Kabupaten Minahasa Utara.
     Ketua IPMU Denny Wowiling di Minahasa Utara, Rabu mengatakan, ada dua kegiatan yang dilakukan diantaranya lomba lari dan ziarah kepada enam tokoh yang sudah mendahului kita selaku pendiri Minahasa Utara.
     "Untuk ziarah dilakukan pada enam makam yaitu makam Alm Boy Rondonuwu di Likupang Timur, makam Alm Frits Sumampow di Tonsea Lama, makam Alm Karel Tumundo di Desa Kaasar, makam Alm AB Rumambi di Desa Rap-rap, makam Alm Moses Sumampow di Desa Dimembe serta makam Alm Johny Dimpudus di Airmadidi Bawah," ujar Denny Wowiling yang juga Wakil Ketua Anggota DPRD Minut itu.
     Dia mengatakan, masing-masing tim dibagi dan dipimpin Wakil Bupati Minahasa Utara yang diikuti para asisten serta Sekretaris Daerah.
     "Sebenarnya Bupati yang akan memimpin tim untuk berziarah, namun karena tugas Bupati hanya menyempatkan membuka lomba lari 5000 m," katanya.
     Kegiatan lainnya yaitu lomba lari yang digelar pada sore hari dengan mengikutkan sedikitnya 800-an peserta dari unsur pendidikan SMP, SMA/SMK sederajad dan umum se Sulawesi Utara.
     Lomba lari tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Minahasa Utara Sompie Singal.
     Dalam sambutannya, Singal mengharapkan agar dalam kegiatan lomba lari dapat menciptakan bibit muda berprestasi.
     "Bukan tidak mungkin akan lahir bibit baru dari Minahasa Utara yang bisa mengharumkan nama daerah ke tingkat provinsi, nasional bahkan internasional dalam kategori atletik," kata Singal.
     Pemerintah kata Bupati, akan menunjang segala program khususnya di bidang olahraga untuk membina para atlet agar bisa maksimal dan memberikan peluang dalam karir olahraganya.
     Berdasarkan laporan panitia pelaksana lomba, setiap kategori akan diambil juara satu sampai 25.

Pewarta : Oleh Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024