Minahasa, (AntaraSulut) - Festival Pasar Minahasa 2014 di Lapangan Sam Ratulangi Tondano yang dibuka Bupati Jantje Wowiling Sajow awal pekan ini menjadi ajang penampilan berbagai kearifan lokal masyarakat Minahasa.



"Festival Pasar Tondano ini digelar untuk memberikan gambaran yang benar sekaligus promosi perdagangan para pelaku usaha di Kabupaten Minahasa," kata Bupati Jantje.



Bupati memberikan apresiasi bagi "Reborn" atau kelahiran kembali Tondano yang turut mendukung kegiatan ini karena memiliki visi yang sama tentang perubahan dan kecintaan bagi Minahasa dengan Tondano.



Dikatakannya tujuan kegiatan ini untuk memberi gambaran dan atmosfir yang benar dan menyenangkan tentang pendidikan, praktek Enterprenrrship dari masa dini dan memberi kesempatan bagi sekolah untuk mempromosikan berbagai keterampilan dengan ilmu menjualnya akan makanan khas Minahasa dan keunikan lain di sekolah.



Acara kreativitas ini kiranya akan mendorong anak muda yang mempunyai semangat bagi masa depannya.



Juga, katanya, tempat acara di jalur pusat keramaian ini, tahun depan akan diatur dan ditata dengan baik, semuanya untuk kebangkitan Minahasa dan kebangkitan Tondano.



"Orang Tondano rindu agar Tondano bukan jadi kota mati, tapi kota yang hidup. Mari bangun kebersamaan dan menjadikannya indah, damai, aman dan nyaman," kata Bupati.



Ketua Panitia Dolfie Kuron melaporkan festival ini akan berlangsung dari 11-15 November 2014 diikuti 60 stand dari SMP, SMA, SMK, unsur pemuda gereja dan swasta, dengan kegiatan pagelaran seni, festival benners, rebana, dance rohani, peazmaker, paduan suara antar sekolah, kuliner, lampion dan konser artis Indah Winar IMB dan Steve Idol.



Festival Pasar Minahasa digelar atas kerja sama Pemkab Minahasa, Tim Penggerak PKK dan Reborn Tondano Jakarta dibuka pelaksanaannya Selasa (11/11) malam di Lapangan Sam Ratulangi Tondano.



Acara yang diawali ibadah dipimpin Pdt Salmon Hutasoit dari Jakarta, turut dihadiri Wakil Bupati Ivan Sarundajang, Ketua TP PKK Dr Olga Sajow-Singkoh, Ketua DPRD James Rawung , Dandim 1302 Letkol Kav Teguh Susanto, Kapolres AKBP Ronald Rumondor, Kajari Risman Tarihoran, Sekda Jeffry Korengkeng dan jajaran Pemkab.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024