Manado (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan memprioritaskan Jamaah Calon Haji (JCH) yang lanjut usia (lansia).

"Untuk jamaah calon haji Lansia, pihak Kemenag Sulut akan menyiapkan semua kebutuhan mulai dari petugas kesehatan, fasilitas kursi roda dan lain sebagainya," kata Kakanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan haji tahun ini terkenal dengan Haji Ramah Lansia, untuk itu mereka dijadikan prioritas.

"Dari Kemenag pusat hingga kami di daerah, sejauh ini berupaya terus memaksimalkan persiapan penyelenggaraan ibadah haji," jelasnya.

Ia mengatakan koordinasi, sinkronisasi dan komunikasi dengan semua pihak intensif dilakukan demi keberhasilan pelaksanaan ibadah haji Tahun 2023/1444 H.

Ibadah haji tahun ini, berapa kloter jamaah haji Sulawesi Utara, jadwal pemberangkatan dan bagaimana dengan haji prioritas untuk Lanjut Usia.

Menurut Kakanwil, jamaah dari Sulawesi Utara tahun ini yang berjumlah total dengan kuota tambahan adalah 744 orang, dibagi dalam tiga Kloter yaitu 16,17 dan 18.

Kloter pertama direncanakan akan mulai masuk asrama haji Tuminting Manado pada 14 Juni dan akan berangkat ke embarkasi tanggal 15 Juni 2022 dan terbang ke Jeddah pada tanggal 16 Juni 2023. 


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024