Tomohon (ANTARA) - Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk mengatakan, 'Tomohon Inovasi Ekraf Expo 2023' akan menjadi promosi kreativitas para pelaku industri wisata yang bernilai ekonomis, komersil dan inovatif menuju persaingan pasar global.

"Pemerintah telah menginisiasi gelaran perdana iven ini dengan harapan agar dapat memfasilitasi, mengakomodasi kebutuhan para pelaku ekonomi kreatif memperkenalkan karya inovasi terbaiknya dan bahkan meningkatkan level UMKM," kata Wali Kota Caroll di Tomohon, Sabtu.

Pemerintah kota, lanjut dia, memiliki rasa optimis untuk melakukan agenda serupa di tahun-tahun berikutnya dengan berbagai improvisasi baik dari skala maupun kuantitas dan kualitas.

"Kita juga akan menjadikan kegiatan seperti ini sebagai membagi visi pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon untuk ekspansi pasar dengan terus menambah dan memperkuat nilai komoditas hasil kreativitas dan inovasi lokal," ujarnya.

Salah satu isu strategis dalam peningkatan nilai tambah ekonomi  melalui kapitalisasi ide kreatif dan optimalisasi berbagai sumber daya adalah ekonomi kreatif sebagai konsep ekonomi baru berbasis inovasi kreatif dan kekayaan intelektual.

Wali Kota menyebutkan, salah satu visi pemerintahan Wali Kota dan Wakil Wali Kota adalah menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia.

Visi besar ini, kata dia, sejatinya harus dibarengi dengan kerja keras dan ikhtiar maksimal dari pemerintah maupun seluruh pemangku kepentingan lainnya untuk merealisasikannya.

"Sebuah grand design dalam perencanaan sistematis dan penganggaran terukur, tentu menjadi prasyarat mutlak bagi capaian terbaik yang dapat kita perjuangkan bersama," ujarnya.

Menurut Wali Kota, sukses penyelenggaraan ASEAN Summit 2023 di salah satu destinasi super prioritas, Labuan Bajo, akan menjadi sebuah motivasi kuat.

"Suatu saat nanti Kota Tomohon juga akan menjadi host ajang prestisius skala internasional serupa karena kita percaya pada kekuatan mimpi yang diterapkan dalam kerja nyata," ujarnya.  

'Tomohon Inovasi Ekraf Expo 2023' yang diluncurkan Wali Kota Tomohon Caroll Senduk ikut dihadiri Senior Representative JICA Indonesia Office Mr. Okamura Kenji, Project Manager Minamiboso Jepang Mr. Fumio Kato, Direktur Michi No Eki Pakewa Tomohon Vonny Pangemanan, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon Judhistira Siwu, perwakilan Dandim 1302 Minahasa serta perwakilan Kapolres Tomohon.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024