Manado, 7/11 (AntaraSulut) - Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2014 digelar di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mulai 6 hingga 8 November 2014, kata Prof P L Suling, Koordinator Program Studi Pendidikan Dokter Gigi.

"Setelah resmi dibuka di Padang pada tanggal 12 September 2014, Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang telah dilakukan secara konsisten sejak tahun 2010 kembali diselenggarakan di Manado," kata Prof P L Suling di Manado, Jumat.

Kegiatan BKGN yang diresmikan di Manado itu diselenggarakan oleh Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Fakultas Kedokteran Program Studi Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Universitas Sam Ratulangi.

Untuk menyukseskan kegiatan BKGN, katanya, keluarga besar Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Universitas Sam Ratulangi telah melakukan sosialisasi penyelenggaraan BKGN kepada masyarakat sekitar saat kegiatan jalan sehat saat menyambut Hari Kesehatan Nasional pada tanggal 1 November 2014.

Prof Suling mengatakan BKGN di Universitas Sam Ratulangi diharapkan dapat memberikan edukasi serta pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat Sulawesi Utara, termasuk anak-anak.

"Agar anak mudah paham, kegiatan edukasi kami lakukan dengan secara lisan dan interaktif serta melalui video," jelasnya.

Anak biasanya mudah bosan saat menunggu pemeriksaan, katanya, untuk menyiasatinya kami telah mempersiapkan video kesehatan gigi dan mulut. Dengan memberikan pengalaman menyenangkan ketika berkunjung ke dokter gigi, anak menjadi berani datang ke dokter gigi dan mendapatkan bekal yang baik dalam memiliki perilaku hidup bersih sehat, terutama dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut," katanya.

Selama lebih dari 80 tahun berada di tengah masyarakat Indonesia, Unilever melalui Pepsodent telah bekerjasama dengan para stakeholder baik insitusi profesional seperti PDGI dan AFKDOKGI maupun institusi pemerintah seperti Kementrian Kesehatan untuk memberikan edukasi serta pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada lebih dari sembilan juta orang di Indonesia.

Katanya, upaya konsisten ini merupakan implementasi dari strategi Unilever Sustainable Living Plan (USLP) dimana Pepsodent mengambil peran untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan 1 miliar masyarakat dunia di tahun 2020.

Pepsodent paham akan pentingnya menanamkan kesadaran untuk menjaga kesehatan gigi sejak dini kepada anak-anak, karena sebagai generasi penerus bangsa mereka dapat membawa perubahan baik bagi lingkungannya, termasuk perubahan dalam perilaku menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024