Manado (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Utara (Sulut) dan United States Trade and Development Agency (USTDA) Amerika jajaki investasi energi terbarukan di daerah tersebut.

Wakil Ketua Ivanry Matu, di Manado, Senin, mengatakan pihaknya mengangkat investasi dalam bidang energi terbarukan utamanya pada pengolahan sampah menjadi bahan bakar.

Di mengatakan pihak USTDA Amerika maupun Katalis Australia sangat antusias dan mendorong proyek ini.

"Akan segera diusulkan dengan langsung menawarkan untuk menyusun project proposal melalui template ToR secara bersama-sama dan meminta dalam waktu dekat akan ditindaklanjuti dengan meeting online antara Kadin Sulut dan pihak Amerika," kata Ivanry.

Ivanry menjelaskan USTDA adalah sebuah agensi pemerintah Amerika Serikat yang berfokus pada pengembangan ekonomi dan perdagangan internasional.

USTDA memberikan dukungan keuangan dan teknis kepada proyek-proyek pembangunan di negara-negara berkembang dengan tujuan meningkatkan perdagangan dan investasi antara AS dan negara-negara tersebut.

Pada acara sosialisasi USTDA Amerika dan Katalis Australia dengan Kadin Sulut di Manado, bersama para pemangku kepentingan membahas tentang potensi kerja sama bisnis dan investasi yang akan didukung oleh Amerika maupun Australia dalam bidang infrastruktur, agribisnis, energi terbarukan, dan kota cerdas di Sulawesi Utara.

Pada forum tersebut Pemerintah Sulut mempresentasikan lima negara investor terbesar di Sulut dan potensi peluang investasi yang masih terbuka dalam berbagai sektor, seperti pariwisata, pertambangan, agribisnis, kelautan dan lainnya.

Pada kesempatan itu juga Kadin Sulut mengusulkan, untuk menunjang kelancaran investasi bisnis dan kerja sama antara Amerika dan Australia di Sulawesi Utara dan Wilayah Timur Indonesia maka sebaiknya Konsulat Amerika maupun Konsulat Australia sudah harus ada di Sulawesi Utara, usulan ini disambut baik dan akan ditindaklanjuti bersama pihak Kedubes.

Hadir dalam acara ini dari pihak Amerika Hanna Yolanda sebagai Senior Country Representatif US. Trade and Development Agency bersama  Elexis dan tim lainnya.

Dari pihak Australia hadir Mark King sebagai First Secretary Australian Embassy bersama tim. Dari Kadin Sulut hadir beberapa pengurus dan juga ada pengurus Kadin Manado di bawah komando Ketua Jimmy Asiku.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024