Sitaro (ANTARA) - Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) salah satu daerah di Indonesia yang terfasilitasi pembangunan gedung
Perpustakaan Daerah dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Gedung dua lantai yang dibangun di Kompleks Kantor Bupati Ondong ini diresmikan oleh Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando didampingi Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen dan Wakil Bupati John H Palandung, Kamis.

Bupati dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran Kepala Perpusnas RI di Kabupaten Kepulauan Sitaro. Menurutnya, hal ini sebuah kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat di daerah yang berjuluk negeri 47 pulau.

"Selaku pemerintah daerah kami sangat berterimakasih. Lewat program Presiden Joko Widodo, Kabupaten Kepulauan Sitaro mendapat kucuran dana alokasi khusus sebesar 10 miliar untuk pembangunan perpustakaan yang baru diresmikan saat ini," ucap bupati.

Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando mengungkapkan, siapapun kita punya tugas dan tanggung jawab atau kewajiban sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945.

"Yang pertama kita wajib mencerdaskan anak bangsa, kedua wajib mensejahterakan, kemudian ketiga menjaga persatuan dan menjadi pemain global," kata dia.

Terkait dengan Kabupaten Kepulauan Sitaro sendiri, dia menyebutkan Sitaro merupakan simbol keindahan Indonesia yang harus diapresiasi.

"Agar potensi yang ada ini menjadi kekayaan, kebanggaan dan kesejahteraan masyarakat kita. Saya kira itu sudah betul-betul diimplementasikan oleh bupati dan jajarannya," ucap dia.

Hadir dalam kegiatan Wakil Bupati John H Palandung, sejumlah Deputi Perpurnas RI, Kepala Perpustakaan Provinsi, pimpinan dan anggota DPRD Sitaro, BUMN/BUMD, pimpinan OPD, para guru dan siswa.(*)

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024