Minahasa Utara, 30/10 (Antara) - Dinas Perhubungan (Dishub) Minahasa Utara opresionalkan satu unit bus umum bantuan kementrian komunikasi dan informatika melalui Dirjen perhubungan darat pada Juli 2013 lalu menjadi kendaraan perintis.

Sopir bus perintis Dinas Perhubungan Minahasa Utara Jonly Kalalo, yang ditemui saat mengangkut pegawai di kantor pemerintah setempat, Kamis mengakui kendaraan tersebut sudah beroperasi sejak tiga hari lalu.

"Sudah tiga hari lalu beroperasi tepatnya 28 Oktober 2014," ujar Kalalo.

Jonly Kalalo yang kesehariannya bekerja di Dinas perhubungan Minut ditugaskan oleh atasannya untuk melayani para penumpang tujuan kantor Bupati setempat, mengingat lokasi tersebut belum memiliki trayek angkutan umum.

"Satu hari empat kali mengangkut penumpang pulang pergi yaitu pagi sebelum apel PNS dan sore hari setelah jam kerja usai," ujar dia.

Untuk saat ini kata dia, para penumpang tidak dipungut biaya, bahkan jalur yang digunakan pada pagi hari yaitu dari terminal, melewati pertigaan Sukur menuju kantor Pemkab Minut.

"Kalau sore hari, kendaraan dari kantor Bupati, melewati pertigaan Sukur menuju terminal," ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Benny Mengko, mengatakan bila bus bantuan kementrian kominfo sejak pertengahan 2013 lalu akan dijadikan kendaraan perintis.

Namun demikian dikatakannya, kendaraan perintis akan di fungsikan bagi siswa maupun mahasiswa khusus daerah terpencil.

Diketahui, bantuan satu unit bus tersebut dari tahun anggaran 2012 yang diterima pemerintah Kabupaten Minahasa Utara pada 2013.

Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024