Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Utara Ronald Lumbuun meresmikan sarana edukasi asimilasi berupa barber shop D'Bui
di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bitung, Minggu.

"Menyambut baik hadirnya sarana edukasi asimilasi ini," kata Kepala Kanwil Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Utara Ronald Lumbuun di Bitung, Minggu.

Barber shop D'Bui merupakan hasil pembinaan kemandirian bagi warga binaan pemasyarakatan Lapas Bitung.

Sebelumnya Lapas Bitung juga sudah memproduksi roti jail bread, furniture dan handicraft yang dikerjakan oleh warga binaan yang sudah mendapatkan pelatihan.

Ronald didampingi Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut John Batara dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut Putu Murdiana serta Kepala Lapas Kelas IIB Bitung Syukron Hamdani meninjau lokasi hunian warga binaan di Lapas tersebut.

"Kunjungan ini untuk memastikan seluruh warga binaan mendapatkan hak-haknya selama menjalani masa hukuman," ujarnya.

Kakanwil juga menghadiri kegiatan ibadah bersama warga binaan di Gereja Oikumene Petra Lapas Bitung.

Pada kesempatan itu Ronald mengatakan warga binaan untuk selalu bersyukur dan menjadikan masa pembinaan ini sebagai instrumen untuk membangun karakter rohani.

"Tetap semangat, ini bukan akhir dari segalanya, jadilah manusia yang baik dan selalu takut akan Tuhan, sehingga nantinya ke depan setelah selesai menjalani masa pembinaan bisa menjadi manusia yang berguna bagi keluarga, masyarakat, dan terutama kepada Tuhan," kata Ronald.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024