Sitaro (ANTARA) - Wakil Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), John H Palandung mengimbau warga agar tetap memperhatikan arahan atau rekomendasi dari petugas Pos Gunung Api (PGA) Karangetang.

"Memang secara visual terpantau sudah ada penurunan, namun dari laporan tingkat aktifitas masih level III Siaga. Untuk itu kita tetap waspada dan memperhatikan apa yang menjadi rekomendasi petugas PGA," kata Palandung, Selasa.

Menurut dia, dari setiap laporan harian PGA Karangetang ada sejumlah rekomendasi yang dikeluarkan. Diantaranya merekomendasikan masyarakat, pengunjung, wisatawan, ataupun pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius 2,5 kilometer dari kawah Utama serta 3,5 kilometer  pada sektor selatan dan tenggara.

"Kemudian yang kedua masyarakat di sekitar Gunung Karangetang diharapkan tenang tidak terpancing isu-isu tentang erupsi gunung dan senantiasa mengikuti arahan dari BPBD Provinsi Sulawesi Utara dan BPBD Kabupaten Sitaro," kutip Palandung.

Selain itu, dalam laporan terakhir harian pada musim hujan masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang agar mewaspadai bahaya sekunder berupa ancaman aliran lahar.

"Ini adalah rekomendasi petugas PGA Karangetang. Tentu selaku pemerintah daerah berharap agar kita semua tetap memperhatikan rekomendasi ini," tukas dia.

Sementara itu, dari data yang dirangkum untuk laporan periode pengamatan Gunung Api Karangetang pada
25 April 2023 pukul 12:00-18:00 WITA, gunung dengan ketinggian 1784 mdpl masih berstatus Level III Siaga.(*)

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024