Manado,  (ANTARA Sulut) - Sekretariat DPRD (Setwan) Manado mengirimkan usulan SK definitif pimpinan ke Gubernur Sulawesi Utara.

"SK ketiga pimpinan dewan definitif sudah diusulkan kepada Gubernur Sulut, akhir pekan lalu," kata Wakil Ketua Sementara DPRD Manado, Richard Sualang di Manado, Senin.

Richard mengatakan, sesuai dengan rekomendasi dari partai politik yang mengusulkan nama ketiga pimpinan tersebut adalah Nortje Heni Van Bone sebagai ketua, Richard Sualang sebagai Wakil dan Danny Sondakh sebagai Wakil.

"Nortje Heni Van Bone berasal dari Partai Demokrat, Richard Sualang dari PDIP dan Danny Sondakh dari Partai Golkar," kata Richard.

Ia mengatakan, jika prosesnya berjalan cepat, maka dalam waktu sepekan ini, SK ketiga pimpinan dewan definitif terbit, sehingga bisa dilanjutkan dengan pelantikan.

Menurut Richard, sesuai dengan ketentuan dalam PP nomor 16/2010, maka pengusulan pimpinan DPRD akan menjadi tanda memuluskan kerja lembaga politik tersebut.

Sebab menurutnya jika pimpinan definitif sudah dilantik, maka seluruh alat kelengkapan dewan dapat dibentuk, dan melaksanakan semua agenda yang mendesak di DPRD Manado.

"Pengusulan dilakukan lewat Wali Kota Manado, lalu diteruskan ke Biro Hukum Setdaprov, sampai ditandatangani Gubernur Sulawesi Utara," katanya.

Menurut Richard, sesuai dengan hasil keputusan KPU, Partai Demokrat menjadi pemenang Pemilu legislatif memiliki sembilan wakil di DPRD Manado, kemudian PDIP memiliki enam wakil, dan Golkar di posisi ketiga dengan lima wakil.

Kemudian Gerindra memiliki lima wakil, PAN sebanyak empat wakil, Hanura empat kursi, PKS dua kursi, Nasdem Tiga kursi, PPP satu kursi dan PKPI satu kursi.

Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024