Manado (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) membukukan laba pada triwulan I tahun 2023 mencapai Rp101,1 miliar sebelum pajak.

"Pencapaian laba di triwulan I tahun 2023 ini sudah sekitar 26 persen dari target laba di tahun 2023 yang mencapai Rp400 miliar," kata Dirut BSG Revino Pepah, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan ke depannya BSG akan terus meningkatkan dana pihak ketiga (DPK) khususnya rasio dana murah atau Current Account Saving Account (CASA) dan meminimalisir biaya operasional.

"Kami juga akan meningkatkan penyaluran kredit, produk layanan digital dan menargetkan pertumbuhan bisnis bank mengalami peningkatan di 2023," katanya pula.

Hingga triwulan I tahun 2023, terlihat dari capaian total aset yang mencapai Rp19,2 triliun. Sementara total kredit Rp13,5 triliun, naik 2,50 persen dari periode yang sama di tahun 2022.

Modal inti juga tumbuh 11,63 persen, atau Rp1,6 triliun. Sementara total pendapatan selama triwulan I sebesar Rp553,2 miliar.

Kepala Divisi Corporate Secretary BSG Heince Rumende mengatakan, kinerja BSG di triwulan I ini masih on the track untuk mencapai target yang telah ditetapkan dalam rencana bisnis bank tahun 2023.

“Tentunya dengan syarat beberapa kinerja rasio keuangan dipertahankan dalam kondisi yang sehat dan optimal, antara lain rasio non performing loan (NPL) ditekan serta lebih efisien dalam beban operasional sehingga tidak menggerogoti laba,” ujar Heince.

Menurutnya, salah satu tantangan BSG yang dihadapi untuk sisa tahun 2023 adalah optimalisasi sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan potensi captive market BSG.

“Dalam masa pemulihan ekonomi pascapandemi akan didorong ekspansi kredit, walaupun tahun ini masih diperkirakan adanya situasi ekonomi yang sulit di beberapa negara maju yang berdampak pada perekonomian negara kita,” ujar Heince.

Untuk itu, BSG wajib menjalankan strategi pemasaran yang optimal demi meningkatkan sumber pendapatan serta mendukung program pemerintah pada sektor UMKM melalui pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR).



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BSG membukukan laba triwulan 1-2023 capai Rp101,1 miliar

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024