Manado (ANTARA) - Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe Rinny Tamuntuan menyatakan guru sangat berperan dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

"Sumber daya manusia yang berkualitas sangat ditentukan oleh peran serta para guru," kata Rinny Tamuntuan dalam sambutannya dibacakan asisten Administrasi Umum Setda Sangihe Olgha Makasidamo, di Tahuna, Sulawesi Utara, Selasa, saat membuka kegiatan penguatan guru dan kepala sekolah.

Ia mengatakan pemerintahan kabupaten (pemkab) sangat mendukung kegiatan peningkatan kompetensi guru yang ada di Sangihe.

"Selaku pemerintah daerah, kami terus memberikan dukungan kepada peningkatan kompetensi guru agar tercipta anak bangsa yang berkualitas dalam bidang masing-masing," kata dia.

Membangun Kabupaten Sangihe, kata dia, memerlukan keterlibatan semua pihak, termasuk jajaran pendidikan yang juga harus terus meningkatkan kompetensi serta kemampuan melalui pelatihan serta kegiatan lainnya.

Dia berharap semua peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik sampai selesai agar mendapatkan ilmu guna diajar kepada anak-anak didik.

Ketua Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Sangihe Sity Aminah mengatakan kegiatan penguatan guru dan kepala sekolah melalui program organisasi penggerak dilaksanakan selama tiga hari yaitu  3- 5 April yang diikuti oleh 77 peserta dari delapan SMP yang ada di Sangihe.

Kedelapan sekolah itu masing-masing SMPN I Manganitu, SMPN I Tamako, SMPN 4 Tabukan Utara, SMPN 3 Tahuna, SMPN 5 Tahuna, SMPN 5 Tahunan Utara, SMPN 2 Kedahe dan SMPN 3 satu atap Tabukan Selatan Tengah.

Pewarta : Jorie MR Darondo/Jerusalem Mandalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024