Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat dan petir masih berpotensi menerjang Sulawesi Utara hingga tiga hari ke depan.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 31 Maret 2023 mendatang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben Molle di Manado, Rabu.

Ia mengharapkan masyarakat mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang.

"BMKG terus melakukan 'update' informasi yang dapat diakses masyarakat dan para pemangku kepentingan melalui kanal-kanal informasi yang kami sediakan," katanya.

Dia menyebutkan kondisi cuaca ekstrem hari ini berpeluang terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara.

Kondisi cuaca seperti itu diperkirakan terjadi hingga Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud.

Pada hari berikutnya, diprediksi terjadi di Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Kepulauan Sitaro, dan Kepulauan Sangihe.

Pada Jumat (31/3) berpeluang terjadi di Kota Manado, Bitung, Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Selatan, dan Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

"Mari kita tetap waspada terhadap potensi bencana banjir, tanah longsor, ataupun pohon tumbang," kata Ben.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024