Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka,  memimpin Apel Pasukan Latihan Operasi Penanggulangan Bencana Alam (Latgulben) tahun anggaran  2023, di Manado, Senin.

Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (KH) Samuel Pontoh mengatakan apel gelar pasukan tersebut dilaksanakan dalam rangka melakukan pemeriksaan terkait kesiapan baik personel maupun peralatan yang digunakan dalam latihan tersebut. 

"Pemeriksaan perlengkapan tersebut dilakukan  Danlantamal VIII," katanya.

Dia mengatakan pada kesempatan itu Danlantamal VIII yang juga bertindak selaku Direktur Latihan pada Latgulben tersebut melakukan pengecekan isi tas ransel yang dibawa salah satu peserta latihan dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan Lantamal (Yonmarhanlan) VIII Bitung.

Kemudian peralatan mountenering yang nantinya akan digunakan untuk mengevakuasi korban, dan perlengkapan tim medis.

Selain pengecekan personel dan material, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pengenalan peralatan mountenering kepada peserta latihan yang disampaikan perwakilan personel dari Yonmarhanlan VIII.

Apel gelar pasukan tersebut melibatkan dua Satuan Setingkat Regu (SSR) dari Lantamal VIII, satu Satuan Setingkat Peleton (SST) dari Yonmarhanlan VIII Bitung, satu SST Pasukan Gabungan dari Basarnas, BPBD, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal VIII Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru Paal Dua Manado.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024