Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menerima 'JKN Award' dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin setelah daerah itu mencapai cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage).

"Kami merasa bangga atas pencapaian UHC di daerah ini," sebut Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam rilis yang diterima ANTARA Biro Sulut di Manado, Selasa.

Terhitung sejak tanggal 1 Maret 2023, sebanyak 2.634.156 jiwa penduduk di Provinsi Sulut telah terdaftar sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk sebanyak 2.666.821 jiwa atau sebesar 98,78 persen. 

Artinya, hampir seluruh masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Gubernur Sulut ke- 12 tersebut berterima kasih kepada BPJS Kesehatan wilayah Provinsi Sulut yang telah bekerja keras sehingga agar masyarakat di provinsi ujung utara Sulawesi tersebut bisa dijamin ke dalam program JKN.

“Dengan telah tercapainya UHC di daerah ini maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Ke depan kami akan terus memastikan seluruh penduduk tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui program JKN-KIS,” ujarnya. 

Saat menerima penghargaan dari Wakil Presiden tersebut Gubernur Olly didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Steve H.A. Kepel, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Denny Mangala, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut Debie K.R. Kalalo, serta Deputi Direksi Wilayah X BPJS Kesehatan Octovianus Ramba.

Octovianus mengatakan, 'JKN Award' ini merupakan bukti nyata kepedulian pemerintah daerah Provinsi Sulut kepada masyarakatnya. 

BPJS Kesehatan akan terus mendukung dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk terus memastikan seluruh warga di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut terlindungi program JKN.

“Terima kasih atas dukungan penuh Pemerintah Provinsi Sulut dalam penyelenggaraan program JKN. Penghargaan ini juga sebagai wujud apresiasi pemerintah dan BPJS Kesehatan kepada pak Gubernur dan seluruh jajaran pemerintah pemerintah," ujar Octovianus.

Selain Provinsi Sulawesi Utara, beberapa daerah yang juga menerima 'JKN Award' yaitu Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin memberikan penghargaan kepada 22 provinsi, 334 kabupaten dan kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya cakupan kesehatan semesta atau UHC di Indonesia. 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024