Sitaro (ANTARA) - Mengembangkan desa wisata, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Sitaro melaksanakan sosialisasi yang bertempat di Lantai III Gedung Perpustakaan Daerah.

Kegiatan diawali dengan laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Jacoba Amanda Mallo, dengan menguraikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengembangkan suatu desa wisata.

"Agar peserta berperan sebagai motivator, penggerak, serta komunikator dalam upaya meningkatkan kesiapan dan kepedulian masyarakat di sekitar destinasi pariwisata, sehingga berperan dalam pengembangan kepariwisataan serta memiliki kesadaran akan peluang dan manfaat untuk dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat," urainya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, John H. Palandung saat membuka kegiatan memberikan apresiasi kepada instansi terkait yang telah berinisiatif untuk mengadakan sosialisasi.

"Kiranya melalui kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang benar terlebih dapat menumbuhkan kesadaran bahwa betapa pentingnya keberdayaan desa wisata di Wilayah Sitaro yang harus dikembangkan, sehingga dapat memberikan manfaat baik bagi masyarakat maupun bagi pemerintah daerah," kata wabup.

Bahkan wabup mengingatkan kepada para Kapitalau yang mempunyai tempat - tempat wisata bahwa kebersihan diutamakan. "Harus  memiliki toilet serta air bersih agar para pengunjung dapat menikmati tempat wisata dengan baik," ingat wabup.

Hadir pada Kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisara dan Kebudayaan, Dra. Dolly Polimpung, Narasumber ( Ketua DPD Asosiasi Dewa Wisata) Sulut,  Kapitalau dari 5 Kampung (Beong, Mini, Kapeta, Tapile, Lamanggo), serta Pengurus Pokdarwis dari 5 kampung tersebut.

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024