Manado (ANTARA) - Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meraih Adipura pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau tahun 2022.

 

Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin W Lotulung, di Airmadidi, mengatakan Kabupaten Minahasa Utara Raih sertifikat Adipura Tahun 2022 atas Kinerja Dalam Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau.

 

Wakil bupati mengatakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terus menilai kabupaten/kota di Indonesia sebagai peraih Adipura 2022.

 

Penghargaan ini meliputi Adipura Kencana, Adipura, Sertifikat Adipura dan Plakat Adipura, Adipura merupakan penghargaan bagi kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan.

 

Sebanyak 61 kabupaten dan kota meraih sertifikat adipura. Kabupaten Minahasa Utara menerima sertifikat Adipura Tahun 2022 untuk kategori kota kecil atas kinerja dalam Pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau.

 

"Penerimaan ini merupakan yang pertama kalinya dalam kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin W Lotulung, sebagai pembanding Kabupaten Minahasa Utara terakhir kali menerima Sertifikat Adipura di tahun 2017," jelasnya.

 

Penilaian Adipura ini tidak terbatas hanya pada pengolahan sampah, katanya, parameter keberhasilan raihan Adipura tersebut dilihat dari kebijakan, output program, dan dukungan anggaran dengan pemanfaatan secara optimal, juga keterlibatan semua stakeholder dan masyarakat.

 

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Bupati dan Wakil Bupati terus mengajak seluruh warga Minahasa Utara untuk selalu menjaga kebersihan.

 

Lewat program Jumat Pagi Jaga Kebersihan Wilayah dan Lingkungan (Jumpa JGKWL), pemerintah berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang bersih, tertib, aman, nyaman dan sehat di Kabupaten Minahasa Utara.

 

Penghargaan Adipura tersebut diterima oleh Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin W. Lotulung, dari Menteri KLHK RI, Sitti Nurbaya didampingi oleh ibu Dirjen PSLB3 dan Ketua Pertimbangan Adipura, bertempat di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, belum lama ini.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024