Manado, 15/9 (Antara) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr Sinyo Harry Sarundajang mendapat penghargaan Ambassadors for Peace (duta perdamaian) dari The Universal Peace Federation (UPF), kata Kabag Humas Setda Provisi Sulut Dr Jemmy Kumendong di Manado, Senin.

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua UPF Edgar Tanate dalam acara festival keluarga sejahtera yang di selenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulut, Senin di ruang Mapaluse Kantor Gubernur Sulut.

Pada saat bersamaan, penghargaan serupa juga diberikan kepada kepala BKKBN RI Prof. dr. H. Fasli Jalal, Ph.D, SpGK.

Gubernur Sarundajang menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya, karena tanpa dukungan semua elemen baik rekan TNI Polri maupun tokoh agama, tidak bisa menyelesaikan konflik yang terjadi.

Gubernur berharap apa yang sudah dilakukannya bisa terus terpelihara dengan baik, dan bangsa Indonesia tetap bisa hidup damai.

Sementara itu, Ketua UPF Edgar Tanate mengatakan nama penghargaan yang diterima salah satu gubernur terbaik di Indonesia itu adalah Ambassadors for Peace, yaitu penghargaan di bidang perdamaian.

Menurutnya, penghargaan tersebut diberikan kepada Sarundajang karena sewaktu dipercayakan oleh pemerintah pusat menjabat sebagai gubernur di dua daerah konflik, yakni Maluku dan Maluku Utara, ternyata dia mampu mendamaikan konflik horizontal yang melibatkan masyarakat dua provinsi bersaudara itu, dikutip Humas Kumendong.




Pewarta : Jootje Kumajas
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024