Manado, 9/9 (AntaraSulut) - Maskapai Garuda Indonesia kembali membuka rute penerbangan baru untuk melayani masyarakat Timika-Sorong-Manado mulai tanggal 9 September 2014.

"Maskapai penerbangan milik pemerintah, Garuda Indonesia, membuka rute penerbangan baru Timika-Sorong-Manado yang sebelumnya pernah dilayani pesawat Merpati Nusantara," kata Vice President Garuda Indonesia Regional IV Rosyinah Manaf, saat gala dinner Inaugural Flight Timika-Sorong-Manado di Sintesa Peninsula Hotel Manado, Selasa.

Garuda menyiapkan pesawat jenis Bombardir CRG 1.000 dengan kapasitas 84 penumpang kelas ekonomi dan 12 kelas bisnis untuk melayani rute tersebut.

Ia mengatakan, rute penerbangan Timika-Sorong-Manado tersebut, diterbangi tiga kali sepekan. Permintaan tiket pada rute itu cukup banyak.

Pihak Garuda juga sudah mengantongi izin slot time dari pihak Bandara Sorong, Papua Barat. Saat ini Garuda juga mengoperasikan pesawat jenis yang sama untuk melayani rute penerbangan Jayapura-Sorong-Manado

Saat ini, katanya, Garuda Indonesia telah melayani 40 rute untuk Indonesia Timur, satu di antaranya adalah Manado.

"Saya sangat bahagia Garuda Indonesia saat ini sudah melayani 40 rute di Indonesia Timur, satu diantaranya adalah Manado," ujarnya.

Rosyinah mengatakan Manado merupakan kota yang cepat berkembang dan dinamis, sehingga tidak heran saat ini penerbangan Jakarta-Manado yang sebelumnya satu kali menjadi tiga kali, untuk Makassar dua kali, Balikpapan 1 kali, Soron-Jayapura 1 kali dan Sorong-Timika 1 kali. "Nantinya pada Oktober menjadi 9 kali," tuturnya.

Hal ini dlakukan oleh Garuda Indonesia untuk memperluas jaringan, untuk melayani masyarakat dari dan ke Manado.

Saat ini Garuda Indonesia mempunyai. lima hub antara lain Jakarta, Denpasar, Medan, Balikpapan dan Makassar. Jika nantinya frekuensi enerbangan meningkat, bukan tidak mungkin akan dibuka hub.

Sedangkan Kepala dinas Pariwisata Sulut Supriyanda Ruru mengungkapkan Garuda Indonesia selama ini mendukung program pemerintah, yaitu MP3I.

"Untuk itu sebagai pemerintah Sulawesi Utara kami mengucapkan terima kasih kepada Garuda Indonesia yang menambah rute penerbangan dari dan ke Manado," ungkapnya.

Apalagi saat ini Garuda Indonesia telah bergabung dengan skyteam, sehingga dengan demikian pelayanan Garuda Indonesia sudah memberikan layanan prima.***2***


Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024