Manado (ANTARA) - SMP negeri 16 kota Manado, yang berlokasi di Kecamatan Singkil, menargetkan menjadi sekolah unggulan dan binaan khusus olahraga. 

Demikian pernyataan kepala SMP Negeri 16 Manado, Dolvie Singal, MPd, di Manado, Senin. 

Singal mengatakan, sebagai sekolah yang baru berdiri, SMP negeri 16 Manado, memang masih dalam pembenahan sana sini, namun selaku pemimpin di sekolah tersebut, dia sudah memiliki sejumlah target semenjak sekolah tersebut diresmikan Juli tahun lalu. 

Singal mengakui untuk bersaing dengan sekolah unggulan lainnya, rasanya agak sulit, sebab selain masih baru, sarana dan prasarana sekolah tersebut juga masih kurang, terutama siswa baru kelas tujuh. 

Karena itu, kata dia, maka pihaknya sudah mengajukan penambahan sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan tersebut. Seperti penambahan sport hall, tetapi juga menambah gedung sekolah serta merenovasi ruangan kelas.  Kepala SMP Negeri 16 Manado, Dolvie Singal, S.Pd, M.Pd(jo/ANTARA) (1)
Menurut Singal, sebagai satu-satunya SMP Negeri di wilayah Kecamatan Singkil, SMP negeri 16 segera direnovasi. Diharapkan dengan semakin lengkapnya sarana dan prasarana, maka akan menjadi faktor penarik bagi siswa untuk memilih SMP negeri 16 sebagai tempat menimba ilmu. 

"Dengan jumlah siswa yang banyak, maka kesempatan untuk memilih bibit unggul di sekolah tersebut juga semakin terbuka lebar," katanya. 

Di sisi lain, dia mengatakan, mendorong pembinaan khusus untuk olahraga fisik, karena melihat potensi yang ada pada para siswa dan masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut. 

"Kalau di sini, kultur dan pola hidupnya masyarakatnya berbeda, sehingga banyak siswa yang masih kelas tujuh fisiknya lebih kuat dibandingkan yang seumuran di sekolah lainnya," katanya.      
  
Dia mengatakan, sudah menyampaikan hal tersebut, kepada wali kota dan wakil, dan mendapatkan dukungan. Dengan demikian, maka target tersebut diharapkan bisa terwujud. 
 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024