Manado (ANTARA) - PT PLN (Persero) memastikan jaringan listrik di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) aman usai bencana banjir dan tanah longsor yang melanda kota itu pada Jumat (27/1).

Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto, di Manado, Senin, mengatakan PLN secara bertahap memulihkan pasokan listrik dan juga langsung mengerahkan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat terdampak bencana.

“PLN terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat memulihkan kelistrikan bagi seluruh masyarakat terdampak," kata Adi.

Dia mengatakan fasilitas umum seperti rumah sakit, jalan raya, kantor pemerintahan hingga posko-posko relawan berhasil dipulihkan dan menyala kembali.

Dari beberapa wilayah yang terdampak, saat ini tinggal 10 desa lagi yang masih belum teraliri listrik karena akses jalan pemulihan masih tertahan longsor. Beberapa wilayah juga masih tergenang air sehingga PLN belum bisa menyalakan akses listrik demi keamanan masyarakat.

"Untuk beberapa desa yang belum menyala dikarenakan akses jalan yang masih terputus dan lokasi rumah masih terdapat genangan air. PLN terus intens berkoordinasi dengan seluruh pihak untuk lakukan percepatan pendistribusian tenaga listrik dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan," tambah Adi.

Selain mengamankan infrastruktur kelistrikan, Adi menjelaskan PLN juga mengerahkan bantuan dan personil untuk membantu masyarakat di lokasi pengungsian.

Bantuan berupa bahan makanan, perlengkapan kasur lipat, selimut dan obat-obatan dikerahkan PLN di posko pengungsian. PLN juga membuat posko pengaduan dan personil siaga untuk membantu masyarakat yang membutuhkan akses kelistrikan.

"Melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PLN Peduli, YBM PLN serta PIKK PLN hari ini kami salurkan bantuan yang diharapkan akan meringankan beban korban terdampak," kata Adi.

Walikota Manado, Andrei Angouw memberikan apresiasi terhadap langkah cepat PLN dalam melakukan pengamanan dan pemulihan pasokan kelistrikan serta upaya perseroan dalam memberikan bantuan kemanusiaan yang dilakukan usai bencana.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, jajaran pemerintah daerah, aparat keamanan, warga sekitar dan juga personel PLN yang telah berjasa besar mengalirkan kembali listrik kepada masyarakat terdampak, sehingga dalam waktu cepat jaringan kelistrikan PLN pulih dan menyala kembali,” ungkap Andrei.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024