Minahasa Utara, 17/8 (Antara Sulut) - Masyarakat Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut) punya cara unik dalam mengisi Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-69 tahun ini, yaitu dengan menampilkan lomba olahraga tradisional.

Sejumlah warga ketika ditemui, Minggu, mengatakan, masyarakat sengaja menampilkan lomba yang bersifat tradisional supaya banyak diminati dan merakyat.

Mohtar salah seorang warga Minut mengatakan, sejumlah lomba olahraga tradisional seperti lari karung, tarik tambang, serta panjat pisang ditampilkan oleh masyarakat di hampir semua kawasan penduduk di daerah tersebut.

Lomba panjat pisang ini dilaksanakan oleh warga Jaga IX Desa Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara.

"Lomba panjat pisang dilakukan semata-mata untuk menghibur masyarakat dengan ide segar," ujar Ketua Panitia lomba Finda Mohtar.

Dia menjelaskkan, selain hiburan, masyarakat juga bisa merasakan arti perjuangan untuk mencapai kemenangan,terutama dalam meraih kemerdekaan.

Dia mengatakan, pada peringatakan kemerdekaan RI kali, antusias warga begitu besar, ini terlihat banyaknya masyarakat yang ikut serta dalam berpatisipasi untuk mengisi acara maupun ikut lomba.

" Masyarakat terlihat begitu memanfaatkan peringatan kemerdekaan RI ini, dengan ikut lomba," Kata Mohtar.*

Pewarta : Oleh Melky Rudolf Tumiwq
Editor :
Copyright © ANTARA 2024