Manado (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) meningkatkan kinerja aparatur sipil negara (ASN) di Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2023 ini.

Kakan Kemenag Kota Kotamobagu Jamaluddin Lamato, di Manado, Jumat, mengatakan hal ini menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara, Kementerian Agama Kota Kotamobagu sehingga melakukan sosialisasi dan pendampingan penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) kepada seluruh ASN Kemenag Kota Kotamobagu.

Lamato mengatakan regulasi sering diperbaharui untuk menemukan pola yang tepat dalam mengukur kinerja pegawai.

“Adanya Perubahan PermenPAN-RB Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen PNS menjadi PermenPAN-RB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), adalah upaya pemerintah pusat dalam Upaya Pemerintah pusat  memperbaiki sistem kinerja yang kemudian menemukan formula yang tepat untuk mengukur kinerja pegawai,” katanya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H Sahran Noor Gonibala, berharap semua peserta sosialisasi dapat menyimak seluruh informasi yang berkaitan dengan perubahan regulasi tersebut, sehingga implementasinya tidak menemukan kendala yang berarti.

“Perubahan PermenPAN-RB ini secara otomatis mewajibkan kita untuk menyesuaikan Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP),” ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, dengan cara pendampingan agar dapat disimak dan langsung dipahami oleh seluruh peserta sosialisasi, sehingga penyusunan SKP oleh masing-masing pegawai tidak mengalami kesulitan, mengingat SKP merupakan salah satu syarat kenaikan pangkat setiap ASN.

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kotamobagu H Muh Thaib Mokobombang, berharap cara penyusunan SKP terbaru dapat diteruskan oleh para Kepala KUA se-Kota Kotamobagu kepada staf ASN di unit kerjanya masing-masing.

Sebab, katanya, SKP sesuai regulasi terbaru, lebih ditekankan pada kinerja dengan bukti kinerja berdasarkan realisasi dan hasil pekerjaan serta umpan balik (feed back) dari pimpinan, sehingga target pekerjaan tercapai maksimal.

Hadir pada sosialisasi tersebut para Kepala Seksi, Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA, Kaur Tata Usaha, Pengawas dan Penyuluh Agama PNS.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024