Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) meningkatkan sosialisasi kurikulum merdeka di Kabupaten Bolaang Mongondouw (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) mengikuti Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) Bolaang Mongondow," kata Sub Koordinator Kurikulum dan Evaluasi MA/MK Direktorat KSKK Madrasah Dirjen Pendis Kemenag RI Zulkifli, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan sosialisasi ini diikuti oleh Kepala Madrasah, Wakil Kurikulum serta Pengawas Madrasah dari MI, MTS, dan MA di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow.

Pada Kanwil Kemenag Sulut Zulkifli mengatakan yang menjadi Piloting Kurikulum Merdeka yang mendaftar sudah 2.400 Madrasah di seluruh Indonesia baik dari MI, MTS dan MA.

"Bagi yang sudah siap menjadi Piloting Kurikulum Merdeka silahkan mendaftar di aplikasi PDUM sampai dengan 5 Februari 2023," kata Zulkifli.

Dia juga mengatakan prinsip dari Kurikulum Merdeka adalah siswa didorong untuk lebih kreatif, inovatif dan eksploratif dalam pembelajaran.

Nuhran Soga selaku kepala Seksi Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow mengatakan pihaknya mengapresiasi Kemenag RI yang telah meluangkan waktu, untuk hadir memberikan motivasi dan pemahaman kepada guru yang ada di Madrasah.

"Sehingga apa yang belum dipahami mengenai kurikulum madrasah bisa didiskusikan bersama," kata Nuhron.*


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024