Manado (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo (Suluttenggo) siaga 24 jam dalam menjaga keandalan tenaga listrik saat cuaca ekstrem di daerah tersebut.

"Cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang melanda sejumlah lokasi di Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo," kata General Manager PLN Suluttenggo J A Ari Dartomo, di Manado, Rabu.

Dartomo mengatakan hal ini pun secara langsung berimbas kerusakan pada beberapa jaringan PLN sehingga menyebabkan terhentinya pasokan listrik.

Dia mengatakan wilayah yang cukup terdampak meliputi sebagian Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Talaud dengan temuan pohon tumbang, jaringan roboh dan putus.

Beberapa daerah pun terdampak dengan berfungsi sistem proteksi yang diakibatkan sentuhan benda asing pada jaringan listrik.

Menyikapi hal ini tim tanggap darurat yang tersebar di seluruh wilayah kerja PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo (Suluttenggo) bergerak cepat menindaklanjuti berbagai gangguan yang timbul dengan tetap menerapkan prosedur keselamatan kerja di lokasi.

Ari Dartomo mengatakan petugas PLN sudah dipersiapkan bersiaga 24 jam untuk menghadapi berbagai situasi darurat termasuk di dalamnya penormalan listrik dalam situasi cuaca ekstrem.

“Kami berkomitmen memberikan pelayanan penuh kepada seluruh pelanggan dengan tetap memperhatikan keselamatan kerja setiap petugas PLN," ujar Dartomo.

Hingga saat ini pukul 13.30 WITA petugas di lapangan berupaya melakukan penormalan. Untuk wilayah Gorontalo dan Kotamobagu kondisi kelistrikan telah kembali pulih 100 persen.

“Seluruh petugas berupaya secepatnya melakukan perbaikan pada jaringan yang terdampak agar listrik bisa segera pulih, saat ini wilayah yang masih terdampak terdapat di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro," lanjut Dartomo.

 Untuk kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja, masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore dan App Store.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024