Manado (ANTARA) -
Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado, Sulawesi Utara menyiapkan sebanyak 17 kapal untuk melayani transportasi jalur laut bagi masyarakat sepanjang libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

"Kapal yang kami siapkan selama posko Natal dan Tahun Baru ada 17 unit, kapal-kapal yang disiapkan ini juga secara reguler melayani rute-rute yang sudah ada," kata Kepala KSOP Manado, Sadeli di Manado, Jumat.

Bahkan, kata dia, apabila terjadi peningkatan frekuensi penumpang yang signifikan, KSOP Manado ditopang dengan kapal perintis Nusantara 70 yang berpangkalan di Bitung.

"Intinya KSOP Manado telah siap untuk momentum Nataru ini. Karena itu kami memberikan apresiasi kepada semua pemangku kepentingan yang ikut serta dalam menyukseskan layanan transportasi laut selama Nataru," ujarnya.

Dia mengatakan, kapal-kapal yang menjadikan Pelabuhan Manado sebagai pangkalan melayani rute ke Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud serta Ternate, Provinsi Maluku Utara dan sekitarnya.

"Terkait dengan keamanan kapal, kami mengimbau pemilik kapal supaya para nakhoda dan kru selalu mengingatkan masyarakat, penumpang berhati-hati, tidak merokok di sembarang tempat," katanya.

Tidak kalah pentingnya, kata Sadeli, penumpang tetap menerapkan protokol kesehatan di antaranya menggunakan masker untuk menekan angka penularan COVID-19.

Dia berharap selama pelayaran tidak ada perbaikan kapal, terkecuali mendesak.

"Karena ini kapal penumpang, saya kira waktu pelayaran tidak terlalu lama. Kita sahakan perbaikan dilakukan di dermaga atau ada waktu khusus untuk perbaikan," demikian Sadeli.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 17 kapal disiapkan KSOP Manado layani penumpang sepanjang Nataru

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024