Manado (ANTARA) - Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) Sarbin Sehe mengatakan dalam menyambut Hari Amal Bakti (HAB) mengajak umat beragama meningkatkan semangat berbagi.

"Saya mengajak untuk menyambut HAB ke-77 dengan meningkatkan rasa kemanusiaan dan persaudaraan melalui kegiatan berbagi dengan sesama," kata Sarbin, di Tomohon, Rabu.

Sarbin mengatakan berbagi tanpa melihat besar kecilnya pemberian yang diberikan, karena akan menjadi besar dan berharga bagi orang yang membutuhkan.

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Kementerian Agama Kota Kota Tomohon menyelenggarakan peringatan HAB yang berlangsung di Kantor Kemenag Tomohon.

Kakanwil Sarbin Sehe mengatakan, HAB Kemenag RI yang bertajuk "Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat", dimana tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang hebat.

Tanggal 3 Januari merupakan peringatan hari lahirnya Kemenag yang harus disyukuri. HAB ini mempunyai arti penting bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan dan beragama.

"Pada puncak peringatan HAB ini diperingati dengan upacara namun sebelumnya Kemenag memperingatinya dengan pencanangan yang setiap tahun diadakan," jelasnya.

Untuk itu, Kakanwil meminta peringatan HAB menjadi spirit kebersamaan dengan semangat berbagi. Kegiatan apapun yang dilakukan, sepatutnya dibingkai dengan dimensi berbagi sebagai rasa syukur kepada Tuhan.

"Masyarakat seyogyanya merasakan kehadiran Kementerian Agama secara nyata, sehingga kegiatan berbagi menjadi salah satu wujud kehadiran dan kepedulian Kemenag di tengah masyarakat dan umat.

Selain Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara, Sarbin Sehe didampingi Kabid Urusan Kristen Pdt. Simon Rawis dan Kabid Pendidikan Kristen Cynthia Sepang serta para staf ASN di lingkungan Kemenag Tomohon, juga dihadiri langsung Kapolres Kota Tomohon.

Kakankemenag Tomohon Jeanny Sampouw memberikan apresiasi kepada keluarga besar Kemenag Tomohon dalam mensukseskan pelaksanaan pencanangan HAB ke-77 sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil bersama rombongan yang ikut serta menghadiri dan juga mensukseskan kegiatan tersebut.

Pewarta : Nancy Lynda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024