Minahasa Tenggara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, melalui Dinas Pendidikan memberikan bantuan kepada para siswa Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama yang mampu mencatatkan prestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik.

"Pemkab Minahasa Tenggara memberikan apresiasi kepada para siswa dengan memberikan bantuan beasiswa berprestasi baik secara akademik maupun non-akademik," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Tenggara Sarah Kindangen di Ratahan, Senin.

Ia menuturkan, pemberian bantuan tersebut merupakan bentuk komitmen dari Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Joke Legi, dalam upaya meningkatkan prestasi bagi para peserta didik.

"Beasiswa berprestasi ini merupakan program dari bupati dan wakil bupati, untuk para siswa yang bisa mengukir prestasi, dan membawa harum nama Kabupaten Minahasa Tenggara dalam beberapa agenda baik di tingkat kabupaten, provinsi, bahkan sampai nasional," jelasnya.

Ia berharap dengan adanya beasiswa ini, akan menjadi motivasi bagi seluruh siswa di Kabupaten Minahasa Tenggara untuk terus berprestasi.

"Kami juga berterima kasih kepada para guru yang dengan giat memberikan bimbingan kepada para siswa untuk menunjukkan prestasinya," tandasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Yovitha Sualang mengungkapkan, beasiswa berprestasi yang non-akademik diberikan kepada 30 siswa, dengan total anggaran Rp 47.500.000.

"Khusus yang non-akademik ini, mereka para siswa yang mengikuti O2SN, FLS2N dan OSN sesuai dengan jenjang keikutsertaannya, serta capaian yang diperoleh," ujarnya.

Lebih lanjut kata Yovitha, untuk beasiswa berprestasi akademik diberikan kepada para siswa yang berhasil meraih juara kelas, baik di tingkat SD, dan SMP khusus tahun ajaran 2020/2021.

Khusus beasiswa berprestasi tingkat SMP Pemkab Minahasa Tenggara menyiapkan anggaran Rp 137.385.750, dan masing-masing siswa mendapatkan Rp 551.750, dengan jumlah penerima 249 orang.

Sedangkan untuk SD, anggaran yang disiapkan Pemkab berjumlah Rp 369.513.750, dengan jumlah siswa 621 orang, dan setiap penerima mendapatkan Rp 583 750.

"Beasiswa berprestasi kami pastikan akan diterima langsung para siswa, karena telah ditransfer langsung ke rekening penerima," tandasnya.***3***
 

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024