Sangihe, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) setempat menyatakan pihaknya akan menyiapkan lokasi untuk kegiatan pasar senggol bagi masyarakat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Kami menyiapkan lokasi pembangunan lapak untuk kegiatan pasar senggol dalam menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Sangihe," kata Kepala Dinas Perindag Kabupaten Kepulauan Sangihe,  Abdul Rivai Mahdang di Tahuna, Selasa.

Menurut dia, kegiatan pasar senggol di kota Tahuna sudah sering dilaksanakan saat menghadapi perayaan hari Natal dan Tahun Baru.

"Setiap bulan Desember selalu digelar pasar senggol untuk menampung para pedagang dalam menjajakan jualan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Sangihe," kata dia.

Dinas Perindag sudah melakukan pertemuan dengan para pedagang guna membahas lokasi yang strategis untuk digelar pasar senggol dimaksud.

"Kami harus menyiapkan lokasi yang strategis untuk kegiatan pasar senggol tanpa harus mengganggu kegiatan masyarakat lainnya termasuk lalu lintas kendaraan," kata dia.

Dia mengatakan, pada tahun sebelumnya lokasi pasar senggol berada di kompleks lapangan Gesit Tahuna dan Pelabuhan Tua Tahuna.

"Pemerintah daerah dan pedagang serta instansi terkait akan membahas dan menetapkan lokasi pelaksanaan pasar senggol apakah di Pelabuhan Tua, lapangan Gesit atau ada lokasi yang lainnya. Yang pasti dalam waktu dekat ini sudah harus ditetapkan," kata dia.

Dia mengutarakan harapannya agar berbagai kalangan masyarakat dapat melaksanakan transaksi jual beli kebutuhan menyambut Natal dan Tahun Baru di lokasi pasar yang disiapkan pemerintah.



Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024