(LIPUTAN KHUSUS)

Manado, 14/7 (AntaraSulut) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado, menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka HUT ke 391 Manado, Senin di ruang serbaguna kantor wali kota Manado.

"Dalam 391 tahun usia Manado, banyak prestasi yang sudah dicapai dan hal tersebut merupakan kebanggaan kita semua," kata Ketua DPRD Manado, Danny Sondakh di Manado.

Danny mengatakan banyak prestasi yang dicatat antara lain, perolehan penghargaan LAKIP dari Kementerian Dalam Negeri, penghargaan di bidang kesehatan dalam bentuk swastisaba wistara, kemudian untuk udara bersih dari Kementerian Lingkungan Hidup penghargaan langit biru.

"Kemudian penghargaan adipura untuk kota besar terbersih meskipun Manado baru dilanda bencana banjir bandang, sungguh sebuah prestasi yang patut diacungi jempol," kata Danny.

Danny juga menyampaikan penghargaan dan dukungan dari DPRD kepada pemerintah yang sudah menjalin kerja sama dengan kota-kota di luar negeri antara lain Liverpool Inggris dan Qing Dao Republik Rakyat Tiongkok.

Sementara Wali Kota Manado Vicky Lumentut mengatakan, ada banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat kota.

Ia menyebutkan janji untuk mendapatkan untuk para kepala lingkungan diberikan honor sebesar Rp2 juta perbulan untuk 2013 dan tahun ini naik menjadi Rp2.250.000 perbulan, kemudian untuk para pemuka agama juga diberikan uang tunjangan Rp500 ribu dan naik Rp650 ribu pertahun.

"Kemudian untuk para PNS juga mendapatkan kenaikan tunjangan kinerja daerah sesuai janji yang kami sampaikan saat sosialisasi tahun 2010," kata Vicky.

Ia mengatakan bukan hanya janji-janji tersebut tetapi juga dalam pembangunan Manado juga mendapatkan banyak penghargaan sebagai bentuk keinginan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengatakan Manado menerima penghargaan dalam banyak bidang, sehingga diharapkan akan mencapai tujuan Millenium Development Goals (MDGs) sehingga kesejahteraan masyarakat semakin terlihat. ***1***


Pewarta : Oleh Joice Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024