Manado (ANTARA) - Wakil Wali Kota (Wawali) Manado dr Richard Sualang berharap  keberhasilan meraih juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Sulawesi Utara 2022 mampu memacu semangat membangun kota ke depan.

"Kota Manado berhasil menjadi juara umum pada Porprov XI Sulawesi Utara 2022 di Bolaang Mongondouw, dengan mengumpulkan 99 medali emas, 64 perak dan 67 perunggu," kata Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan hal ini membuktikan bahwa Kota Manado masih merupakan sentra pembinaan olahraga di Sulut.

"Semoga predikat juara umum ini menambah semangat masyarakat Kota Manado untuk membangun kota ini," katanya.

Dia menjelaskan ada banyak hal yang masih harus ditingkatkan dan diperbaiki untuk memajukan Kota Manado yang memiliki potensi sangat besar.

Hal ini membutuhkan dukungan semua pemangku kepentingan, termasuk pihak swasta dan masyarakat untuk terus memajukan olahraga  Manado dan dampaknya sektor lainnya juga  akan ikut tumbuh positif.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berharap pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X di daerah itu mampu menjaring atlet-atlet berbakat yang mampu bersaing hingga kancah internasional.

"Kita berharap melalui kegiatan ini banyak memunculkan atlet berbakat, berprestasi tak hanya tingkat nasional namun internasional," ujar Olly.

Olly mengatakan kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara berkelanjutan agar gaung terus terdengar.

"Dari kegiatan seperti ini mengasah kemampuan sekaligus mental atlet ketika bertanding dan berprestasi," ujarnya.

Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porprov Sulut, antara lain futsal, sepak bola, karate, bola voli, pencak silat, gateball, kempo, panjat tebing, tenis meja, bulu tangkis, atletik, pentaki, dansa, bridge, biliar.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024