Sangihe, Sulut (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, mencatat sebanyak 15.566 warga daerah itu sudah divaksinasi COVID-19 booster pertama atau dosis ketiga.

"Sampai hari ini sudah 15.566 orang warga masyarakat yang sudah divaksinasi dosis tiga," kata Kepala Dinas Kesehatan Sangihe Handry Pasandaran di Tahuna, Rabu.

Menurut dia, jumlah tersebut terdiri atas SDM kesehatan sebanyak 1.037 orang, kelompok masyarakat rentan dan umum 8.919, lanjut usia 915, remaja 312, petugas publik 4.383 orang.

"Dari sekian kelompok masyarakat yang divaksin dosis tiga, sampai saat ini, kelompok anak-anak belum ada yang divaksin dosis tiga," kata dia.

Diakuinya bahwa, kesadaran masyarakat untuk divaksin lanjutan dari dosis satu ke dosis dua dan tiga sudah sangat menurun dibandingkan dengan dosis satu.

"Prosentase tertinggi kelompok masyarakat yang divaksin lanjutan khususnya dosis tiga adalah SDM kesehatan yang mencapai 67,47 persen dari target 1.536 orang, disusul oleh petugas publik sebanyak 41,28 persen atau 4.383 orang dari target 10.618 orang," kata dia.

Dinas kesehatan bersama jajaran yang ada di Puskesmas terus membuka pelayanan vaksinasi bagi masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Sangihe melalui satuan tugas terus memberikan imbauan kepada warga masyarakat yang sudah divaksin dosis dua agar memberi diri untuk divaksin lanjutan dosis tiga.

"Kami tetap memberikan imbauan kepada semua warga masyarakat yang sudah divaksin dosis satu dan dua agar segera divaksin dosis tiga demi meningkatkan kekebalan terhadap COVID-19," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024