Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara mengharapkan Universitas Manado (Unima) mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di daerah setempat.

Wali Kota Manado Andrei Angouw di Manado, Rabu, mengharapkan kegiatan Sosialisasi Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Tipe A Universitas Negeri Manado ini dapat meningkatkan SDM di lingkungan pemkot setempat.

“Ini adalah bentuk komitmen kita bersama dalam mengembangkan sumber daya manusia, terutama di Kota Manado," kata dia.

Ia mengatakan pengembangan SDM akan berdampak ke depan, yakni untuk mempersiapkan sumber daya yang unggul dan mampu bersaing secara nasional maupun Internasional.

Dia menjelaskan perguruan tinggi berperan strategis menciptakan SDM unggul dan inovatif untuk meningkatkan daya saing, kesejahteraan, kemajuan, dan ekonomi bangsa.

Peran perguruan tinggi ini, katanya, memang penting sebagai mesin untuk pembangunan berkelanjutan guna pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan menyiapkan SDM.

Selain itu, katanya, menjadi bagian dari tulung punggung penting dalam inovasi.

Ia menuturkan penyiapan SDM unggul dan pengembangan inovasi menjadi bagian dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Andrei mengatakan inovasi menjadi kunci utama Indonesia keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah sehingga ekonomi harus dibangun dengan basis inovasi yang maju.

Ia membuka secara resmi kegiatan sosialisasi RPL Universitas Negeri Manado di Pemerintah Kota Manado.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BKPSDM Kota Manado Donald Supit, Rektor Universitas Negeri Manado Deitje Katuuk, para wakil rektor, para dekan, pada kepala lembaga di Universitas Negeri Manado, serta para peserta kegiatan.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024