Manado (ANTARA) - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI A. Denny Tuejeh melaksanakan pemeriksaan Gelar Pasukan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 712/Wiratama dalam rangka kesiapan melaksanakan operasi pengamanan perbatasan darat RI–PNG di Provinsi Papua, di Markas Yonif Raider 712/Wiratama Manado, Senin.

Pangdam Denny Tuejeh mengatakan Prajurit Yonif Raider 712/Wiratama agar bisa memelihara jiwa korsa, kebersamaan, dan kekompakan, semua itu salah satu wujud dari moril pasukan dalam melaksanakan tugas dengan baik.

"Oleh karena itu penting sekali disini adalah soliditas, saling mengingatkan apabila ada yang mengancam dirinya maupun satuan," katanya.

Pangdam mengatakan, satuan tugas operasi ini merupakan bagian dari tugas yang diberikan oleh Mabes TNI khususnya wilayah Papua yang saat ini masih rawan.

Pangdam berharap kepada prajurit Yonif Raider 712/Wiratama dengan kehadiran Prajuritnya di daerah Papua dapat membantu masyarakat dan pemerintah di Papua, sehingga bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif dan aman.

Pangdam juga berharap tidak terjadi konflik agar pelaksanaan tugas dengan baik, 450 orang berangkat dan semuanya pulang dalam keadaan selamat.

"Kepada Prajurit Yonif Raider 712/Wiratama agar selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan tunjukkan bahwa Prajurit Jaya Sakti prajurit yang dapat diandalkan untuk menjalankan tugas negara dengan penuh semangat dan disiplin yang tinggi," kata Pangdam.

Upacara gelar pasukan, dalam rangka mengecek pemeriksaan kesiapan operasi (Riksiapops) satuan yang akan berangkat tugas di wilayah Provinsi Papua baik dari kesiapan personel, materiil dan moril prajurit tersebut diikuti 450 personel.

Gelar kesiapan pasukan tersebut dipimpin Danyonif Raider 712/Wiratama Letkol Infanteri Madiyan Surya.

Pangdam Denny Tuejeh beserta Pejabat Utama Kodam XIII/Merdeka mengecek dan memastikan kesiapan materiil baik senjata, kendaraan, alat kesehatan termasuk upaya Dansat sarana yang dibutuhkan oleh masyarakat di daerah tugas seperti pakaian, buku-buku, Noken (keterampilan), bengkel serta Pompa Hidran guna membantu pengairan masyarakat setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, para Asisten serta Dan/Kabalakdam XIII/Merdeka.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024