Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) terus meningkatkan kualitas guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kakanwil Kemenag Sulut H Sarbin Sehe, di Manado, Kamis, mengatakan peran guru sangat penting dalam mendidik para murid, untuk berhasil dalam pendidikan.

"Pertama adalah diharapkan guru terus menambah literasi guna menambah pengetahuan, pemahaman dan wawasan," kata Sarbin

Ia menjelaskan guru yang baik adalah yang mampu memberi ruang dan suasana yang baik bagi anak didiknya, biarkan mereka berkembang dan berpengetahuan, karena pada dasarnya tidak ada murid yang bodoh.

Kedua, katanya, guru harus memberi kasih sayang yang maksimal untuk anak didik, bahkan bisa saja humoris agar mereka selalu terhibur.

"Hadirkan wajah ceria pada anak kita saat menghadapi mereka agar canda tawa, cinta kasih akan tercipta," katanya.

Karena, katanya, menganggap mereka adalah anak-anak yang sepantasnya diberikan yang terbaik dari yang para guru bisa lakukan.

"Jangan sampai isu-isu yang merebak saat ini, tentang kekerasan di sekolah terjadi lagi, jadikan madrasah adalah tempat yang nyaman untuk mereka belajar," katanya.

Ketiga, katanya, jaga masa depan anak didik, disamping target kurikulum yang akan dicapai dengan angka kualitatif dalam nilai pendidikan, tapi lebih dari itu harus investasikan anak dengan kebiasaan mencintai Al Quran.

Sumber inspirasi adalah Al Quran, katanya, Iqro adalah substansi peradaban pendidikan Islam.

Untuk itu, katanya, alumni MI minimal harus hafal Juz 30, karena hal ini menjadi ciri khas anak madrasah dan menjadi modal mereka kelak bila duduk di MTs, MA bahkan setelahnya.

Kepada para siswa/siswi MIN 2 Manado yang berjumlah 395 orang saat ini, Kakanwil memberi semangat agar lebih giat dalam belajar.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024