Sitaro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau warga agar menjaga keberadaan kabel fiber optik (FO) udara atau bentangan antar tiang.

Hal ini menjadi perhatian pemerintah daerah, setelah sebelumnya Jumat (28/10) jaringan internet di Pulau Siau alami gangguan, akibat putusnya kabel fiber optik (FO) udara atau Bentangan antar tiang di Km 7+ jalur ulu – ondong.

Setelah menemukan titik putus, pihak  PT. Telkom langsung menindaklanjuti dengan melakukan proses penyambungan, yang sifatnya penyambungan sementara. "Ditemukan ada bekas sabetan parang," kata Kadis Kominfo Sitaro, Gandhawari L Mulalinda, Sabtu (29/10). 

Sehingga Mulalinda mengimbau kepada warga secara bersama menjaga keberadaan kabel fiber optik, jangan sampai terjadi lagi dan merugikan semua pihak karena tidak ada layanan internet.

"Untuk warga yang melakukan aktifitas pemangkasan agar lebih berhati-hati terutama yang dekat dengan kabel FO udara atau bentangan antar tiang," imbau dia, seraya menambahkan penyambungan kabel masih darurat karena membutuhkan material penyambung yang harus didatangkan dari Manado.

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024