Manado (ANTARA) - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Manado Natanael Pepah mengajak kaum muda untuk lebih menghayati peran pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Peran pemuda saat memperjuangkan kemerdekaan merupakan satu patokan identitas pemuda ke depannya," kata Natanael, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan begitu banyak yang akan diperhadapkan kepada pemuda. Apalagi saat ini pascapandemi arus informasi semakin cepat, karena semua sudah melek informasi yang tersaji di media sosial.

Maka dari itu, Natanael mengatakan, sejarah panjang peran pemuda sangat penting untuk menjadi pengingat akan apa yang menjadi cita-cita didirikan bangsa ini.

"Esok, momentum Sumpah Pemuda menjadi pengingat bagi para pemuda untuk terus bersatu dalam membangun negeri ini, khususnya Kota Manado," jelasnya.

Waktu itu, katanya, ketimpangan antara pemilik modal dan rakyat terlihat nyata. Banyak sekali kemiskinan dan kematian akibat kelaparan. 

Dari situlah muncul semangat dan tekad pemuda Indonesia untuk melepaskan masyarakat dari belenggu kemiskinan dan penjajahan.

Sebagai pemuda masa kini, katanya, diajak untuk sama-sama membangun bangsa Indonesia untuk kesejahteraan bersama baik di kota maupun di pelosok desa.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024