Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara(Sulut)  Irjen Pol Setyo Budiyanto meminta personel di jajaran kepolisian itu, memahami filosofi Pataka Polda Sulut Maesa'an Waya.
"Pataka Maesa'an Waya selami lagi, dalami lagi, maknai lagi, filsofinya sangat dalam," kata Kapolda Budiyanto saat serah terima Pataka Polda Sulut Maesa'an Waya dari Irjen Pol Mulyatno kepada Kapolda Setyo Budiyanto, di Manado, Selasa.
Kapolda berharap semua anggota tidak hanya  mengenal atau tahu, bahwa pataka yang ada di pundak kiri kita, yang ada di bahu kita hanya sekedar tempelan saja, hanya sekedar  atribut saja, sebagai tanda kesatuan.
Tetapi di dalamnya ada makna, ada filosofi yang harus kita pahami dan harus kita ketahui.
"Saya berharap untuk  semua anggota  paham, semua anggota tahu filosofi dari  pohon kelapa, filosofi dari adanya  daun kelapa berjumlah lima, ada ombak, ada langit dan seterusnya di pataka tersebut. Saya perintahkan semua anggota memahami itu sebagai pedoman  dalam melaksanakan  tugas," katanya.
Ia mengatakan serah terima pataka Polda Sulut Maesa'an Waya, merupakan rangkaian kegiatan sertijab yang dilaksanakan di Markas Besar dipimpin oleh Kapolri yakni pelaksanaan sertijab beberapa Kapolda dan pejabat utama Mabes Polri, yang dilaksanakan 18 Oktober 2022.
"Serah terima pataka ini mengandung makna bahwa kepemimpinan tongkat komando, tanggung jawab operasional dan pembinaan telah beralih dari irjen Mulyatno kepada saya. Tentu dalam pelaksanaan tugasnya  semuanya sudah beralih tugas dan tanggung jawab tersebut dari Irjen Pol Mulyatno kepada saya," katanya.
Pada kesempatan itu, Kapolda meminta, personel Polda Sulut dalam melaksanakan tugas-tugas dengan sebaik-baiknya.
Amanahnya sudah jelas, perintahnya sudah jelas dalam  pasal 13 UU Kepolisan Negara RI, tugas utama kita adalah memelihara keamanan ketertiban masyarakat,  menegakkan hukum serta   memberikan perlindungan pengayoman dan layanan kepada masyarakat.
"Saya berharap tugas-tugas tersebut, semua sudah paham, semua mengetahui apa yang menjadi tugas-tugas pokok semuanya.
Kapolda juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Irjen Pol Mulyatno,  yang telah membawa situasi kondisi yang luar biasa dengan tetap solid, saling bahu membahu, kerjasama dalam menciptakan Kamtibmas kondusif di Sulut.
Irjen Pol Mulyatno mengatakan keberhasilan yang dicapai dalam pelaksanaan tugas ini berkat kerja keras seluruh anggota
"Atas kegiatan saudara lakukan, saya berikan penghargaan setinggi-tingginya dan rasa terima kasih yang dalam," katanya.
Hadir pada saat itu, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jhonny Edison Isir, para pejabat utama, Kapolresta dan Kapolres jajaran, serta anggota Polri dan PNS Polda Sulut.



 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024