Manado (ANTARA) - Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif melalui Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kabupaten Poso sukses menggelar salah satu event pariwisata terbesar di Indonesia tahun ini, Festival Danau Poso 2022 dengan tema Pesona Megah Sulawesi Tengah.

Dalam acara pembukaan yang dilangsungkan di Anjungan Festival Danau Poso itu, hadir lengkap Forkopimda Provinsi Sulawesi Tengah, antara lain Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Hj. Nilam Sari Lawira, SP, MP, Kapolda Sualwesi Tengah, Irjen. Pol. Drs. Rudy Sufahriadi, Kajati Sulawesi Tengah, Agus Salim, SH, MH, Kabinda Sulawesi Tengah, Brigjen TNI Arman Dahlan, Bupati Poso dr. Verna Gladies Merry Inkiriwang serta General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo (UIW Suluttenggo), J. A. Ari Dartomo. Festival Danau Poso itu, hadir lengkap Forkopimda Provinsi Sulawesi Tengah, antara lain Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, Ketua DPRD Sulwesi Tengah, Hj. Nilam Sari Lawira, SP, MP, Kapolda Sulwesi Tengah, Irjen. Pol. Drs. Rudy Sufahriadi, Kajati Sulawesi Tengah, Agus Salim, SH, MH, Kabinda Sulawesi Tengah, Brigjen TNI Arman Dahlan, Bupati Poso dr. Verna Gladies Merry Inkiriwang serta General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo (UIW Suluttenggo), J. A. Ari Dartomo. (1) Pembukaan Festival Danau Poso 2022 menampilkan beragam penampilan budaya mulai dari pertunjukan teatrikal, penampilan lagi daerah, pertunjukan kolaborasi musik lokal, tarian daerah, hingga fashion show beragam baju adat dari 12 suku etnis yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Tidak hanya itu, acara ini bertambah spesial karena dihadiri langsung oleh Miss Tourism International, Jessy Silana Wongsodiharjo. Dirinya mengungkapkan rasa bahagianya bisa menikmati keindahan wisata dan kuliner khas Sulawesi Tengah.

“Saya sudah berkunjung ke beberapa lokasi wisata yang luar biasa indah dan juga merasakan beberapa kuliner di sini yang sangat khas”, ucap Jessy. Festival Danau Poso itu, hadir lengkap Forkopimda Provinsi Sulawesi Tengah, antara lain Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, Ketua DPRD Sulwesi Tengah, Hj. Nilam Sari Lawira, SP, MP, Kapolda Sulwesi Tengah, Irjen. Pol. Drs. Rudy Sufahriadi, Kajati Sulawesi Tengah, Agus Salim, SH, MH, Kabinda Sulawesi Tengah, Brigjen TNI Arman Dahlan, Bupati Poso dr. Verna Gladies Merry Inkiriwang serta General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo (UIW Suluttenggo), J. A. Ari Dartomo. (1) Dalam gelaran acara yang berlangsung meriah dengan animo pengunjung yang juga sangat besar, PLN memberikan pelayanan kelas satunya lewat layanan listrik tanpa kedip dengan skema berlapis sehingga memastikan gelaran Festival Danau Poso 2022 dapat sukses digelar.

Ditemui di sela-sela acara J. A. Ari Dartomo selaku GM PLN Suluttenggo menyampaikan pihaknya sudah berkolaborasi dan berkoordinasi intens dengan pihak penyelenggara dalam hal ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk memastikan tidak ada kendala pada kebutuhan energi selama acara berlangsung selama tiga hari ke depan.

“Kami tentu menyadari event berskala nasional seperti ini membutuhkan dukungan listrik yang juga berkualitas dan andal agar tidak ada potensi gangguan pada acara”, ujar Ari Dartomo. Festival Danau Poso 2022. (1) Pihaknya pun menyatakan bahwa PLN tidak hanya sekedar hadir pada gelaran acara pembukaan Festival Danau Poso 2022, namun juga mendukung secara komprehensif dari sisi suplai energi untuk membangkitkan sektor pariwisata di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Pariwisata sudah menjadi identitas bangsa Indonesia khususnya masyarakat di Sulawesi Tengah yang dikenal memiliki berbagai objek pariwisata yang indah”, imbuhnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura menyampaikan bahwa Festival Danau Poso 2022 menjadi kesempatan masyarakat Poso dan Sulawesi Tengah untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata yang sempat lesu diterpa Pandemi COVID-19. Festival Danau Poso 2022. (1) “Festival ini dapat mempromosikan destinasi wisata di sekitar danau poso serta menjadi magnet yng sukses menggaet wisatawan lokal dan mancanegara”, ucap Rusdy antusias.

Senada dengan H. Rusdy Mastura, Bupati Poso dr. Verna Gladies Merry Inkiriwang mengungkapkan bahwa Poso siap membuktikan bahwa pariwisata Poso mampu bergaung hingga kancah internasional.

“Festival Danau Poso tidak sekedar menjadi ajang promosi pariwisata tapi juga menjadi ajang pembuktian kepada dunia luar, bahwa Poso sudah sangat aman, nyaman, dan damai untuk dikunjungi kembali untuk melihat pesona budaya dan pariwisata alamnya yang sungguh luar biasa”, ucap Verna. Festival Danau Poso 2022. (1) PLN siap mendukung geliat pariwisata nasional dengan layanan listrik yang prima didukung dengan aplikasi PLN Mobile sebagai solusi mudah listrik masa kini. PLN Mobile sendiri dapat diunduh secara gratis dari Play Store maupun App Store langsung dari Smart Phone pelanggan.
(Advetorial)
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024