Manado (ANTARA) - Penyuluh hukum Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Sulut) meminta para pelajar memberikan contoh terbaik dalam kehidupan bermasyarakat.

"Jadilah generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa yang berakhlak baik dan berbudi pekerti yang luhur," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Humas Kejati Sulut Theodorus Rumampuk SH, MH saat memberikan penyuluhan dan penerangan hukum Jaksa Masuk Sekolah bagi pelajar di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung, Rabu.

Dia mengatakan para siswa agar senantiasa mematuhi tata tertib serta aturan yang berlaku di sekolah.

Seperti siswa untuk tepat waktu masuk dan pulang sekolah dan jangan sering bolos dari jam pelajaran yang sudah ditentukan guru.

"Dengan terbiasa menaati aturan di sekolah, adik-adik sekalian akan terbiasa juga taat dan patuh terhadap aturan hukum di negara kita," katanya.

Pada kesempatan itu, ia mengingatkan kepada pelajar untuk tidak melakukan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan obat-obat keras lainnya.

"Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol yang dapat mengakibatkan tindakan kriminalitas," katanya.

Ia mengharapkan dengan adanya kegiatan ini para siswa-siswi dapat mengetahui apa itu hukum, sehingga jika siswa-siswi kenal apa itu hukum, niscaya akan terhindar dari hukuman.

"Kenali hukum, jauhi hukuman. Jika adik-adik sudah taat pada aturan di sekolah niscaya akan patuh pada aturan hukum yang berlaku di negara kita sehingga kesadaran hukum di masyarakat dapat tercapai," katanya.

Ia menambahkan dengan demikian maka tujuan hukum untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum dalam setiap pergaulan antar sesama manusia di dalam masyarakat dapat tercapai juga.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung Femy Mantali Dama, SAg, menyambut baik kegiatan penyuluhan dan penerangan hukum Jaksa Masuk Sekolah tersebut.

"Para siswa agar siswa dapat memperhatikan materi hukum yang disampaikan," katanya.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024